ITALIA TODAY – Kepolisian Italia mewaspadai organisasi kejahatan setempat, atau yang biasa dijuluki mafia, bisa mengambil keuntungan di dalam kondisi krisis dan penguncian wilayah (lockdown) akibat Covid-19.

Kepala Kepolisian Italia, Franco Gabrielli, memperingatkan kelompok mafia bisa mengambil keuntungan dengan memanfaatkan situasi kekalutan masyarakat dan kebutuhan akan bahan pokok serta barang-barang penting di masa krisis.

BACA JUGA :  Resep Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Simple Anti Gagal

“Tingkat bahayanya tinggi karena mafia sudah mulai menanam modal di sektor yang tetap penting di masa lockdown Covid-19. Seperti perusahaan sayur mayur dan produk pertanian, obat-obatan dan alat kesehatan, transportasi, jasa pemakaman, kebersihan, sanitasi dan pembuangan sampah,” kata Gabrielli.

Menurut Gabrielli, sektor-sektor usaha tersebut tidak terlalu banyak membutuhkan keterampilan dan kemampuan khusus.

BACA JUGA :  Sedang Perbaiki Rem, Sopir Truk di Semarang Tewas usai Terlindas Kendaraan Sendiri

“Organisasi kejahatan bisa menawarkan jasa dengan harga bersaing sebab perusahaan yang mereka kendalikan tidak menaati aturan lingkungan, jaminan sosial, atau keselamatan kerja,” ujar Gabrielli.

Gabrielli menyatakan kelompok mafia yang dianggap paling berbahaya di Italia saat ini, ‘Ndrangheta, sudah mulai masuk ke sektor tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër