Sementara program tersebut diharapkan bisa menyasar sekitar 5.6 juta pendaftar selama tahun 2020. Anggaran yang dikucurkan Sebelum munculnya wabah virus corona di Indonesia pemerintah awalnya menyiapkan anggaran untuk Kartu Pra Kerja tahun ini sebesar Rp 10 triliun. Namun setelah mempertimbangkan dampak ekonomi yang timbul dari adanya wabah corona, maka anggaran program ini ditambah menjadi Rp 20 triliun.

“Tentang Kartu Pra Kerja, anggaran Kartu Pra Kerja dinaikkan dari Rp 10 triliun jadi Rp 20 triliun. Jumlah penerima manfaat menjadi 5,6 juta orang,” kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers secara online beberapa waktu lalu.

Peserta yang terdaftar nantinya akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif. Dari dana tersebut, rinciannya terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan (untuk empat bulan).

BACA JUGA :  5 Penyebab Kena Diare Setelah Lebaran

Selain itu, peserta Kartu Pra Kerja 2020 juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150.000 per peserta.
Pelaksanaan Kartu Pra Kerja 2020 merupakan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Berikut cara pendaftaran Kartu Prakerja :

  1. Buat Akun Prakerja
    Masuk ke situs www.prakerja.go.id dan pilih menu Daftar Sekarang
    Masukkan nama lengkap, alamat email dan kata sandi baru
    Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email
    Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs kartu Pra Kerja
  2. Isi Data Diri
    Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi kamu
    Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”
    Isi data diri kamu dengan lengkap (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya”
    Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  3. Ikuti Tes
    Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit.
    Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu
    Tunggu email pemberitahuan dari kartu Pra Kerja setelah menyelesaikan tes
    Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran dan Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja. (net)
Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================