Meski begitu, Syarifah juga ingin memastikan seberapa besar kemampuan laboratorium IPB dalam satu hari. Jika jumlah sampel spesimen terlalu banyak, tentu pemkab Bogor tak bisa memaksakan terlalu jauh. Mereka tetap memperkirkan alternatif laboratorium lain di Bandung dan Jakarta.

“Namun kami sedang mencoba meningkatkan kemampuan RSUD Ciawi dan Cibinong untuk bisa mulai menguji spesimen Covid-19, walaupun mungkin dalam jumlah yang tidak banyak. Akan tetapi, ini baru sampai taraf self assesment dulu,” ungkap Syarifah sapaan akrabnya, Senin (13/4/2020).

BACA JUGA :  Wajib Coba! Semur Ayam Saus Tiram yang Lezat untuk Menu Makan Bareng Keluarga

Saat ini, lanjut Syarifah, Dinas Kesehatan provinsi Jawa Barat sedang melakukan screening bagi seluruh RS rujukan di Jawa Barat yang memungkinkan untuk melakukan uji Covid-19. Diantara persyaratannya seperti harus memiliki alat PCR, Tes Cepat Molekuler (TCM), hingga Biohazard Safety Cabinet (BSC).

BACA JUGA :  Atlet Skateboard Kabupaten Bogor Sabet Dua Medali Naschamp 2024

“RSUD Cibinong dan RSUD Ciawi termasuk dalam 174 RSUD rujukan se-Indonesia yang diminta melakukan self assesment. Memungkinkan atau tidaknya (kelengkapan), kami menunggu penilaian dari Dinkes Jabar dan Kemenkes,” bebernya. (Bambang Supriyadi)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================