Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan & Guru Sekolah Pesat)

Pengertian usia berbeda dengan umur, jika usia bermakna waktu hidup yang telah ditempuh semenjak lahir sampai sekarang, sedangkan umur bermakna sisa waktu hidup kita.

Mengapa usia menunjukkan perilaku kita, karena ada seseorang yang perilakunya tidak sesuai dengan usianya, biasanya terjadi untuk usia tua, tapi kelakuannya seperti anak muda.

Penyanyi Anggun C Sasmi menyebutkan dalam syair lagunya, tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi-jadi, terutama kelakuan yang tidak bermanfaat bahkan maksiat. Naudzubillah Min Dzalik. Banyak yang mengklasifikasi usia manusia, tapi menurut penulis usia dibagi menjadi:

BACA JUGA :  Sarapan Sehat dan Bergizi dengan Tumis Udang Sayuran yang Simple dan Lezat

Pertama, usia balita (dibawah lima tahun). Ciri-ciri usia ini ialah anak 100 % hidupnya masih bergantung pada orang tuanya. Pada usia ini juga anak balita sangat rawan dengan sakit.

Kedua, usia anak-anak (anak usia TK-SD). Ciri-ciri usia ini adalah suka bermain dan meniru apa yang mereka lihat. Maka mereka suka tokoh Superman, Ipin-Ipin, Spiderman.

Ketiga, usia remaja (anak SMP). Ciri-ciri usia ini adalah mulai puber, mulai tertarik lawan jenis dan mencari jati diri. Ciri lain usia ini juga lalai dan pemalas, karena jika melakukan sesuatu kewajiban, mereka harus disuruh-suruh dulu baru mau melakukan.

BACA JUGA :  Kembang Kol Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Keempat, usia dewasa (anak SMA/K-Mahasiswa). Ciri-ciri usia ini adalah mementingkan penampilan, bingung antara kerja dan kuliah, bingung kuliah jurusan apa, tapi secara umum sudah mandiri.

Kelima, usia produktif (mulai kerja-39 tahun). Ciri-ciri usia ini adalah pekerja yang produktif, mengejar dan cinta dunia, semangat meraih prestasi, karier dan jabatan.
Keenam, usia peringatan dan mapan (40-49 tahun).

============================================================
============================================================
============================================================