Maka ayo tetap semangat, meski tahun ini kita tidak bisa mudik, tapi masih ada yang bisa kita lakukan, yaitu mempersiapkan pulang ke kampung akhirat yang abadi yaitu surga. Jika kita gas pol untuk persiapan pulang ke kampung halaman, maka untuk persiapan pulang ke kampung akhirat harusnya juga gas pol.

Baca Juga : PEMIMPIN KAYA DAN BERILMU ITU BARU HEBAT

Ya mulai sekarang kita bisa mempersiapkan pulang ke kampung akhirat (mati), seperti yang sudah dikerjakan orang soleh dengan:
Kita mulai membayangkan dan merenung, dimana kita mati, apa husnul khotimah atau suul khotimah, siapa nanti yang memandikan dan yang menyolati mayat kita, siapa yang mengangkat keranda kita, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Menu Sarapan dengan Omelet Keju yang Praktis dan Lezat

Selanjutnya kita buat surat wasiat, jika perlu pesan batu nisan yang bertuliskan nama kita dengan tempat tanggal lahir tapi tulisan wafatnya dikosongkan. Bisa juga untuk orang kaya menyiapkan makam pribadi.

Atau meniru almarhum Ustadz K.H. Muhammad Arifin Ilham yang memakai surbannya adalah calon kain kafannya. Beliau juga berkata,”Jadwal kematian kita bukan menjauh, tapi semakin semakin mendekat,” ujarnya.

Baca Juga : Pemimpin Kaya dan Berilmu itu Baru Hebat

Umar ibn Khattab, pernah berkata, ”Bersama sepuluh orang, aku menemui Nabi Muhammad SAW lalu salah seorang di antara kami bertanya, ‘Siapa orang paling cerdas dan mulia wahai Rasulullah?’ Nabi menjawab, “Orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya, mereka itulah orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemuliaan dunia dan kehormatan akhirat’.” (HR. Ibnu Majah).

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

Siap tidak siap, kita harus siap menghadapi jadwal kematian kita, maka kematian adalah nasihat yang paling baik, bagi kita yang masih hidup. Semoga kita bisa mempersiapkan kematian ini dengan baik dan husnul khotimah, aamiin. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================