BOGOR TODAY – Penyandang disabilitas atau orang yang memiliki kekurangan secara fisik maupun menta selalu dianggap sebelah mata. Sebab, orang-orang dengan keterbatasan secara fisik itu biasanya dianggap tidak memiliki keahlian ataupun kreatifitas.

Baca Juga : Ini Tempat Asyik Untuk Buka Puasa

Baca Juga : The 1o1 Bogor Sajikan Menu Ramadhan Spesial Bertema Ramadhan Buffet Premium

Bahkan ada juga orang-orang diluar sana masih berpikirnya bahwa penyandang disabilitas itu bisanya hanya duduk saja atau hanya menunggu belas kasihan.

Tapi perlu diingat, pandangan seperti itu harus dibuang dari sekarang dan mulai berpikir positif bahwa penyandang disabilitas ini memiliki kreatifitas dan prestasi, dan hal ini dibuktikan oleh Muhammad Hilman ‘Pria Disabilitas’ dari Kota Bogor.

Pria berusia 21 tahun kelahiran Kota Bogor ini merupakan seorang Atlet Menembak yang telah meraih Juara I pada kejuaraan Piala Presiden di Cabang Menembak tahun 2020.

Seolah tak mau berhenti disitu, Hilman pun terus melakukan inovasi dan kreatifitas lainnya yaitu membuka usaha rumah makan atau warung makan yang ia namakan ‘Warung Disabilitas’.

Baca Juga : Rumah Produksi Kanung Ubah Roti Maryam Jadi Roti Konde

Baca Juga : Dua Minggu Jelang Lebaran Permintaan Busana Muslim Meningkat

Wartawan Bogor Today pun berkesempatan untuk bertemu Hilman di Warung Disabilitas miliknya yang terletak di Jalan Siliwangi, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, pada Selasa (27/4/2021) sore atau sesaat sebelum berbuka puasa.

Sembari menunggu bedug Magrib, Hilman pun bercerita bahwa membangun Warung Disabilitas ini murni dari inspirasi sendiri.

Selain untuk meningkatkan ekonomi, Hilman juga ingin membuktikan bahwa penyandang disabilitas itu bukanlah orang yang malas atau hanya bisanya duduk saja tanpa ada kreatifitas.

“Memang ini murni keinginan sendiri, bukan inspirasi dari orang lain. Kemudian saya juga ingin memberi contoh ke teman-teman disabilitas yang lain, jadi penyandang disabilitas itu jangan hanya duduk saja tapi harus bisa menampilkan kreatifitas. Orang disabilitas bisa menjadi pekerja, bahkan bisa juga menjadi bos,” kata Hilman kepada Bogor Today.

Anak muda yang akrab disapa Eman 25 ini pun menambahkan, bahwa Warung Disabilitas miliknya itu baru 3 minggu berdiri.

Namun ke depan, dirinya berencana akan mengajak teman-teman disabilitas lain untuk bekerja di warung miliknya dan rencana tersebut mulai dilakukan bulan depan.

“InsyaAllah, bulan depan pekerjanya seorang disabilitas, seperti tukang masaknya, kemudian orang yang membuat minumannya juga seorang disabilitas, termasuk saya pun akan ikut langsung,” ujarnya.

Baca Juga : JMI Ajak Anggotanya Jadi Pengusaha Ikan

Masih kata Eman, di Warung Disabilitas miliknya itu pun menyediakan beraneka ragam menu makanan dan minuman, mulai dari ayam bakar, pisang bakar, roti bakar, jus, kopi, dan lain sebagainya.

Bukan itu saja, warungnya juga cocok untuk dijadikan tempat nongkrong anak muda dan juga keluarga.

“Tempat duduknya ada yang lesehan dan ada juga yang biasa. Jadi cocok untuk anak muda, keluarga dan cocok untuk semua kalangan,” katanya.

Usai berbincang, Eman pun mengajak wartawan Bogor Today untuk berbuka puasa bersama. (Heri)