Baca Juga : VISIPENDIDIKAN INDONESIA 2035 BERTENTANGAN DENGAN UUD 45

Jika kita jujur kebanyakan masyarakat Indonesia itu puasanya adalah level 1, maka tidak heran masih banyak ujaran kebencian, hoaxs, fitnah dan sifat iri serta dengki. Salah satu ciri orang yang sudah bersih hatinya adalah tidak pernah menyalahkan orang meski orang itu salah dan jahat.

Jika kita sudah puasa level 3, maka tidak akan ada istilah cebong, kampret, kadrun dan buzzerRp. Tidak juga saling menghina, membully dan mengolok-olok, apalagi menghina agama dan Ulama, ntar kualat lo bro.

2. Hikmah ketauhidan, keimanan dan ketaqwaan. Jika tauhid, iman dan taqwa kita sudah benar, maka kita akan merasakan nikmatnya beribadah. Dengan kata lain kita sudah menjadi hamba yang bertaqwa, sesuai dengan tujuan dari puasa, seperti yang terdapat dalam Kitab Suci Al Qur’an “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu (lebih) bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183).

BACA JUGA :  Nahas, Diduga Tersambar Petir, Warga Agam Sumbar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gosong

Jika sebagian besar masyarakat Indonesia sudah beriman dan bertaqwa insyaAllah keberkahan akan terwujud di Indonesia, seperti yang sudah dijanjikan oleh Allah dalam Al qur’an, “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS: Al-A’raf [7]: 96).

BACA JUGA :  Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Disorot Media Internasional

Baca Juga : ISRA’ MI’RAJ SEBAGAI SPIRIT UNTUK KEBERKAHAN NKRI

Jika masyarakat Indonesia sebagian besar sudah bersih hatinya (hatinya suci) dan bertaqwa insyaAllah akan mudah tercapai persatuan, yang selama ini terkoyak. Juga akan tercipta masyarakat yang suka bersyukur dan peduli terhadap sesama, serta saling menghormati di tengah masyarakat Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika ini. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================