BOGOR TODAY – Tim perbaikan pipa terus berupaya memperbaiki pipa bocor ACP 21″ di Jalan Raya Ciawi – Sukabumi Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Perbaikan pipa tersebut ditargetkan selesai pada Rabu (19/5/2021) malam.

Kemudian, petugas pun langsung fokus memulihkan sistem pengaliran zona 1 setelah membuka pasokan air dari Sumber Air Tangkil. Proses recovery jaringan ini diupayakan cepat dan efektif agar pasokan air ke pelanggan bisa normal kembali.

Baca Juga : Pipa Caringin Diperbaiki, Tirta Pakuan Imbau Pelanggan di Zona 1 Tampung Air

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf melalui Manager NRW & Transmisi Distribusi Nasrul Zahar mengatakan, proses pemulihan jaringan ini membutuhkan waktu 4-7 hari hingga pasokan kembali pulih.

“Ada pertanyaan dari masyarakat, apakah saat proses pemulihan pasokan air benar-benar mati? Tidak. Karena pasokan air dari Mata Air Tangkil sudah kami buka ketika perbaikan pipa selesai,” ujar Nasrul.

BACA JUGA :  Wajib Perhatikan Ini, 5 Penyebab Trombosit Turun yang Perlu Diketahui

“Tapi air yang ada di dalam pipa itu terhadang udara yang masuk saat proses perbaikan. Nah udara ini yang harus kita buang pelan-pelan,” tambahnya.

Nasrul mengungkapkan, proses pemulihan jaringan di zona 1 berbeda dengan zona-zona lain. Kontur tanah di zona lain cenderung datar sehingga lebih mudah penanganannya.

“Kalau zona 1 itu (kontur tanahnya) berbukit-bukit. Turun naik. Banyak punggungan. Ini agak menyulitkan. Prosesnya bisa 4-7 hari,” jelas dia.

Baca Juga : Tirta Pakuan Pastikan Pasokan Air Bersih Selama Lebaran Aman

Selama pemulihan, air tetap mengalir ke rumah pelanggan, namun belum benar-benar normal. Untuk itu, Nasrul mengimbau pelanggan untuk segera menampung air saat masuk ke rumah.

BACA JUGA :  Perumda PPJ Akan Renovasi Pasar Merdeka, Bakal Ada Rooftop Kuliner

“Tidak benar-benar mati, air tetap sampai ke rumah dalam sehari. Tapi belum normal. Kadang mengecil, ada lagi, mati lagi, terus begitu hingga benar-benar pulih,” kata Nasrul.

Tirta Pakuan akan berupaya maksimal mempercepat proses normalisasi. Tirta Pakuan juga akan mengoptimalkan Reservoir Rancamaya dan pompa Intan Pakuan untuk meminimalisir gangguan.

Baca Juga : Tirta Pakuan Targetkan Reservoir Kabandungan Rampung Tahun Ini 

Perusahaan juga telah menyiagakan armada tangki yang siaga di titik-titik terdampak gangguan.

Masyarakat bisa menghubungi Call Center 0251-8324111 atau akun media sosial Tirta Pakuan untuk pemesanan tangki gratis. (*/Heri)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================