BOGOR TODAY – PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, kembali meraih prestasi membanggakan pada ajang Top CSR Awards 2021. Acara puncak Top CSR Award 2021 yang diselenggarakan di Raffles Hotel Jakarta, Dian Ballroom, Ciputra World, Jakarta, Kamis 22 April 2021 lalu.

Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Kader Kesehatan Desa Mitra Indocement Kembali Selenggarakan Sosialisasi Kesehatan 

Pada penghargaan tahun ini, Indocement mendapatkan tiga penghargaan sekaligus yaitu, Top CSR Awards 2021 #Star 5, Top Leader On CSR Commitment untuk Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya, dan penghargaan kategori khusus yaitu, Top CSR Awards, program CSR responsif penanganan pandemi Covid-19.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Indocement, Antonius Marcos mengatakan, sudah menjadi kewajiban perusahaan mempunyai tanggung jawab sosial untuk membantu sesama dan menjaga keharmonisan hidup bersama dengan masyarakat di sekeliling perusahaan.

“Dengan melakukan kegiatan CSR merupakan kunci untuk tumbuh berkelanjutan. Jangan pernah letih untuk berbuat kebaikan,” kata Antonius Marcos.

Capaian CSR Indocement ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan dalam ajang Top CSR. Sistem, kebijakan dan pelaksanaan CSR perusahaan dinilai berada di level “sangat ekselen” (luar biasa, red).

Baca Juga : Pelaku UMKM Diajari Keuangan dan Perijinan

Baca Juga : Indocement Tingkatkan Skill Warga Bantarjati

“Dan sangat mendukung strategi bisnis perusahaan, baik dimasa pandemi Covid-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. CSR perusahaan, juga layak dijadikan Benchmark/ contoh bagi perusahaan lainnya,” ujarnya.

Pencapaian tertinggi Indocement dalam ajang ini, dikaitkan dengan keberhasilan Indocement untuk mengelola program CSR di era pandemi Covid-19. Berbagai program responsif Covid-19 diluncurkan di 3 lokasi pabrik yakni, Citeureup, Cirebon dan Tarjun untuk membantu menghambat efek buruk pandemi Covid-19 serta menciptakan manfaat bersama di desa mitra.

“Sperti, kampanye Covid-19 dan kampanye perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS), bantuan hand sanitizer dan sprayer; bantuan sembako dan penguatan ekonomi masyarakat desa mitra,” tutur dia.

Baca Juga : “Indocement Peduli” Bantu Korban Bencana Alam Indonesia

Selain itu, lanjut dia, komitmen pimpinan Indocement terhadap penanganan Covid-19 juga tercermin pada program internal perusahaan yang berupa kebijakan perusahaan seperti, dibentuknya satgas Covid-19 perusahaan, bekerjasama dengan BPBD setempat, kampanye kesehatan, perencanaan dan pelaksanaan program Covid-19.

“Indocement merupakan Perusahaan yang menempatkan CSR sebagai bagian terintegrasi dengan strategi korporasi. Lingkup program CSR Indocement termasuk dalam kategori yang sangat sesuai dengan ISO 26000, yaitu meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan sosial-ekonomi di sekitar wilayah operasional,” ungkapnya.

Baca Juga : Peringati HPSN 2021, Indocement Ajak Masyarakat Daur Ulang Sampah

“Pimpinan Indocement juga dinilai taat terhadap tatanan stakeholder engagement sehingga kegiatan CSR Indocement mampu mendukung daya saing dan kinerja korporasi,” katanya.

Sebagai informasi, Top CSR Award 2021 merupakan Penghargaan di bidang CSR kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasional di Indonesia, yang dinilai telah menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan CSR, program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dan community development terbaik.

Baca Juga : Siswa SMK Dibekali Teknik Dasar Sepeda Motor Dalam Webinar yang Digelar Indocement Bersama GEMARI

Top CSR Awards 2021 mengangkat tema “Peran Strategis CSR dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal”. Kategori penghargaan Top CSR Awards 2021 untuk perusahaan, diklasifikasikan dalam 5 tingkatan kelas Bintang yang dinilai berdasarkan kriteria,pertama kebijakan dan sistem tata kelola CSR, program CSR unggulan di masa pandemi Covid-19, keselarasan CSR dengan strategi bisnis dan penerapan creating shared value. Keempat, tingkat adopsi CSR terhadap ISO 26000 Social Responsibility. (Iman R Hakim/*)