BOGOR TODAY – Sebuah video berdurasi 2 menit 17 detik menyatakan matahari terbit dari Utara beredar luas dan viral di media sosial. Dalam keterangan video yang diunggah oleh akun @gusAMllover menyebutkan bahwa matahari terbit dari utara.

Baca juga : Gempa 6,2 Skala Richter Guncang Blitar, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

“Ini pertanda suatu saat akan terbit dari barat. Percaya Qada dan Qadar,” tulis akun tersebut, Jumat (18/6/2021).

https://twitter.com/DaryonoBMKG/status/1405790844985036801?s=19

 

Sementara, pria yang merekam fenomena alam itu mengatakan bahwa tidak biasanya matahari terbit dari timur, padahal, kata dia saat itu masih pukul delapan pagi, namun matahari sudah berada di posisi utara.

“Saya ingin menyampaikan sesuatu yang menurut kami aneh karena kami sebelumnya tak pernah menyaksikan kejadian ini,” ujar pria dalam narasi video itu.

Pria itu juga menyebut peristiwa itu terjadi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel). Lalu ia menghubungkan kejadian itu dengan sebuah hadis yang menyebut salah satu tanda kiamat yaitu Matahari yang terbit dari barat.

Menganggapi fenomena langka itu, Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengungkapkan keprihatinannya melalui akun Twitter pribadinya @daryonoBMKG.

“Saya kok agak prihatin dengan viralnya kasus gerak semu matahari, padahal itu di pelajaran geografi saat smp sudah diajarkan. Sedih, hal seperti ini sampai viral, sampai-sampai nyinggung kiamat segala,”tulis Daryono.

Daryono menerangan bahwa gerak semu matahari merupakan fenomena alam biasa dimana kedudukan Matahari seperti bergeser ke utara dan selatan yang terjadi tiap tahun. Saat ini, Kata dia Matahari sedang bgeser ke utara, puncaknya di utara pada 2 Juni.

“Ini terjadi karena pergerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi) sehingga matahari seolah terbit di utara,” terannya. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 30 April 2024
============================================================
============================================================
============================================================