Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan)

Ini kisah yang sudah terkenal dan mungkin pembaca yang budiman pernah juga mendengar dari Ulama di majelis taklim, dzikir, ilmu, sholawatan atau tabligh akbar. Yaitu kisah seorang pelacur yang masuk surga karena menolong anjing yang kehausan.

Suatu ketika Rasulullah SAW menceritakan kepada para sahabat tentang seorang wanita pelacur. Wanita ini, meski pekerjaannya hina dan kerap dicaci oleh masyarakat, namun akhirnya dicap sebagai ahli surga. Karena wanita ini mengerjakan amalan ahli surga, yakni berbuat baik kepada makhluk ciptaan Allah.

Baca Juga : PENDIDIKAN KENA PPN ITU BERTENTANGAN DENGAN KONSTITUSI 

BACA JUGA :  Pemanis Alami Kopi dengan Kurma yang Bisa Dapatkan Manfaat Sehatnya

Dikisahkan, zaman dahulu ada seorang pelacur berjalan di tengah hari yang terik. Allah SWT mencatat perbuatan wanita tersebut sebagai amal shaleh dan mengampuni dosa-dosanya. Mendengar cerita Rasulullah SAW, para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kita mendapatkan pahala karena berbuat baik kepada hewan?” Rasulullah SAW menjawab, “Berbuat baik kepada setiap mahluk bernyawa itu ada pahalanya.”ujar Beliau.

Kisah seorang pelacur dan anjing yang dikisahkan Rasulullah Muhammad SAW itu ada di dalam hadis Bukhari. Dari Abi Hurairah Radialohu’anhu dari Rasulullah SAW berabda, “Telah diampuni seorang wanita pezina yang lewat di depan anjing yang menjulurkan lidahnya pada sebuah sumur. Dia berkata, “Anjing ini hampir mati kehausan”. Lalu dilepasnya sepatunya lalu diikatnya dengan kerudungnya lalu diberinya minum. Maka diampuni wanita itu karena memberi minum. (HR Bukhari).

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor dan Perwakilan Transporter Angkutan Tambang Sepakati 8 Hal Ini

Itulah Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dosa sebesar apapun akan diampuni oleh Allah, asal kita tobat nasuha dengan sungguh-sungguh. Maka mulai sekarang, ayo kita mencari amalan yang ece-ece (kecil), siapa tahu itu yang menyebabkan kita masuk surga.

============================================================
============================================================
============================================================