BOGOR TODAY – PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, unit Citeureup kembali melakukan inovasi baru dalam program berbagi ilmu yang dilakukan oleh volunteer yang berasal dari karyawan Indocement.

“Indocement memiliki banyak karyawan yang kompeten dalam bidang lingkungan dan penghematan energi. Mereka secara sukarela berbagi pengetahuan dengan masyarakat di desa mitra agar lebih menyadari pentingnya peduli terhadap lingkungan,” ujar CSRS Division Manager, Gadang Wardono melalui rilis yang diterima, Senin (5/7/2021).

Baca Juga : Konsisten Jaga Lingkungan Hidup, Indocement Hijaukan Bumi

Atas dasar tersebut, lanjut dia, Indocement melaksanakan pelatihan daring dengan mengusung tema “Desa Tangguh dan Sadar Lingkungan 2021” sasaran dari pelatihan tersebut yakni masyarakat RW 04 Puspanegara yang juga merupakan anggota kelompok Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Puspakarya.

“Pelatihan tahun ini diikuti oleh sebanyak 30 orang warga Kelurahan RW 04 Puspanegara yang lokasinya berada di dekat Pabrik Indocement unit Citeureup,” tutur dia.

Baca Juga :  24 Kios Baso di Padang Ludes Diamuk Api

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini, Indocement memberikan beberapa pengalaman dan materi untuk peserta pelatihan seperti, pengenalan 3Roda Edu-Green Park yang disiarkan secara langsung melalui media daring secara perdana.

Peserta diajak untuk melihat praktek dari materi yang dipaparkan oleh karyawan Indocement melalui showcase biopori dan energi alternatif, serta dibawa oleh pemandu ke spot-spot menarik 3Roda Edu-Green Park. Hal ini merupakan inovasi baru yang diluncurkan oleh Indocement untuk mengetahui program 3Roda Edu-Green secara daring.

Baca Juga : Dihadiri Presiden Jokowi, 1000 Karyawan Indocement Nikmati Vaksin Gotong Royong

“Pengenalan dasar-dasar pembuatan lubang resapan biopori, sehingga peserta dapat membuat lubang resapan biopori dengan benar dan tepat di lingkungannya. Pengenalan pembangkit listrik tenaga surya dan mengidentifikasi limbah B3 dan non B3,” paparnya.

Baca Juga :  Pesawat Rimbun Air Papua Dikabarkan Hilang Kontak

Dia menambahkan, pelatihan berlangsung secara interaktif dua arah. Peserta mengikuti acara tersebut dengan antusiasme yang tinggi dan membahas solusi atas permasalahan yang mereka hadapi di lingkungan tempat tinggal terkait materi yang diberikan.

Tahun lalu, Indocement juga melakukan kegiatan volunteering yang serupa dengan memberikan pelatihan offline mengenai penghematan energi dengan menggunakan lampu LED untuk 20 orang warga Desa Gunung Sari.

Baca Juga : Total Penjualan Semen Indocement Tumbuh Lebih Dari 5,5 Persen

“Kedepannya Indocement berharap kegiatan volunteering karyawan ini akan dapat terus dilaksanakan agar karyawan Indocement dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat, khususnya di desa mitra,” pungkasnya. (*/Iman RH)