BOGOR TODAY – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu mulai disalurkan untuk warga Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Senin (26/7/2021).

Kepala Desa Ciawi, Nana Sumarna mengatakan, BST dari Kementerian Sosial (Kemensos) ini disalurkan secara serentak dan harus selesai di hari ini juga. Sementara untuk jumlah warga yang menerima BST ini sebanyak 356 keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga : Warga Depok Temukan Limbah Medis Jarum Suntik Tercecer 

“Untuk mekanismenya kita atur dua shift, di mana pada pagi hari tadi yang kita panggil warga yang berada di dusun selatan dan dilanjutkan siangnya warga dusun utara. Ini kita lakukan untuk menghindari kerumunan warga di masa pandemi Covid-19,” kata Nana saat meninjau penyaluran BST di kantornya.

Baca Juga :  Kota Bogor Belum Layak Disebut Kota Ramah Anak

Nana menjelaskan, bahwa KPM yang mendapat BST ini merupakan warga yang betul-betul terdampak covid. “Artinya bukan hanya warga yang menengah ke bawah saja, tetapi ada juga warga yang diberhentikan bekerja, kemudian para pelaku usaha kecil yang usahanya betul-betul terdampak,” jelasnya.

Masih kata Nana, pihaknya memastikan bahwa BST ini diterima secara utuh oleh KPM, sehingga tidak ada pemotongan satu persen pun. Bukan itu saja, Ia juga selalu mengimbau kepada pengurus RT maupun RW untuk bekerja sesuai tupoksinya.

Baca Juga :  Adu Seksi Wulan Guritno Bareng Anya Geraldine, Netizen: Duo Maut Ieumah

Baca Juga : Ganjil Genap Dihari Kerja Dinilai Ganggu Aktivitas Warga 

“Kita selalu memantau dan meminta kepada pengurus RT dan RW untuk bekerja dengan ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan. Karena BST ini sangat dibutuhkan oleh mereka,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Nana, selama adanya BST ini dirinya tak mendapat laporan apapun dari KPM, terkait apakah ada pemotongan atau tidak. “Artinya, selama BST ini bergulir semuanya berjalan lancar dan kami pastikan tidak ada pengurus dari kami, baik itu dari perangkat desa maupun pengurus RT/RW yang melakukan pemotongan. Kalau ada yang berani dan laporannya sampai ke saya, akan saya panggil,” tegasnya. (Hery)