Oleh : Heru B Setyawan (Guru Purna Bakti SMA Pesat School Of Talent)

MAS Rahmat adalah salah satu langganan Warteg saya, suatu hari saya dikejutkan oleh pertanyaan beliau, “Pak guru apa sekarang Pancasila sudah tidak ada?” Maka saya bertanya pada beliau,” memangnya kenapa Mas Rahmat, sampai berkata seperti itu?” tanyaku.

Ya pak guru saya kesal karena adanya korupsi Bansos (Bantuan Sosial) oleh menteri di tengah pandemi Covid 19,” juga selama pandemi Covid 19 ini bahkan kekayaan para pejabat malah meningkat,” ujarnya.

Baca Juga :  3 Kepribadian Seseorang Berdasarkan Konten Instagram

Saya jawab, betul Pancasila sudah hilang untuk kasus ini, tapi percayalah Mas Rahmat, masih banyak orang Indonesia yang mempraktekkan Sila Pancasila, dengan ikhlas dan jauh dari pencitraan.

Dan kita harus bangga, dulu ada tokoh nasional yaitu Bung Hatta, yang secara konsisten sampai akhir hayatnya menerapkan Sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  1 Mangkok Bakso Mendadak Menjadi Lautan Kecap, Pria Ini Auto Tak Nafsu Makan

Bung Hatta Sang Proklamator RI punya karakter religius, cerdas, hemat, dermawan, teliti, teguh pendirian, tepo seliro, sederhana, hemat, jujur, disiplin, suka membaca dan menulis, tegas, pekerja keras, bijaksana, sayang dengan keluarga, suka musyawarah, nasionalis dan pratiotik.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua