Vokalis Slank Kaka
Vokalis Slank, Akhadi Wira Satriaji (Kaka)

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Vokalis Slank, Kaka meminta aktivitas pembukaan lahan dan hutan di Bumi Cendrawasih (Papua) harus segera dihentikan. Menurutnya, hutan Papua sebagai salah satu paru-paru dunia setelah Amerika Selatan yang saat ini mulai terkikis.

Pemilik nama asli Akhadi Wira Satriaji mengaku ini kali pertama melihat tutupan hutan di Papua dari dekat lewat udara. Selama hampir empat jam, ia melihat secara langsung kondisi hutan yang membentang dari Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Keerom, hingga Jayapura.

Kaka yang merupakan salah satu musisi yang aktif dalam mengampanyekan masalah lingkungan hidup mengaku saat ini tengah bertahap untuk membiasakan diri mengurangi pemakaian alias ‘diet’ plastik.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria di Parit Mandan Sukoharjo, Tak Ditemukan Kartu Identitas

“Saya saat ini juga bukan orang benar-benar yang berhenti gunakan plastik. Tapi bertahap sudah saya biasakan tidak lagi segala sesuatu menggunakan plastik,” kata Kaka.

Sementara itu,  Chief Executive Officer (CEO) Yayasan EcoNusa, Bustar Maitar mengungkapkan bahwa kegiatan melihat tutupan hutan menjadi hal rutin yang mereka lakukan untuk mengetahui kondisi aktual di lapangan.

Setelah melakukan penerbangan berjam-jam tersebut, dirinya melihat sebagian besar hutan masih lebat. Namun, kondisi ini bisa berubah lantaran akan ada proyek food estate atau lumbung pangan baru dan perluasan perkebunan kelapa sawit yang dialokasikan sampai dua juta hektare di Merauke.

BACA JUGA :  Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Erick Thohir Apresiasi Juang Pemain Timnas Indonesia

“Jika semua itu dibuka, emisi yang akan keluar dari hutan-hutan itu akan besar sekali,” kata Bustar, seperti dikutip cnnindonesia.com, Kamis (23/9/2021).

Dirinya mengatakan hutan merupakan rumah masyarakat-masyarakat adat yang menjadikan hutan sebagai sumber penting penghidupan mereka.

Bustar mengkhawatirkan, jika pembukaan lahan terjadi akan memicu kerusakan hutan besar-besaran. Masyarakat di Merauke hingga Boven Digoel belum tentu akan menerima manfaat secara langsung.

============================================================
============================================================
============================================================