Setelah Kokedama cukup kandungan airnya, kitapun dapat segera menggantungnya kembali. Biasanya proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Agar prosesnya cepat, tekan Kokedama agar seluruhnya terendam dalam air.

Saya juga tidak punya patokan setiap berapa hari sekali Kokedama harus mulai direndam. Karena Kokedama saya digantung di luar dan terpapar sinar matahari atau hujan. Maka kebutuhan airnya sangat tergantung dengan cuaca. Namun biasanya sekitar 4-7 hari sekali.

Mudahnya perawatan Kokedama ini membuatnya cocok dimiliki untuk mereka yang sibuk, tidak telaten, merasa tangannya tidak “dingin” (tidak bisa berhasil kalau menanam sesuatu), tapi ingin punya tanaman hias di rumah atau bahkan di meja kerja kantor. Cukup merendamnya sepekan sekali saja.

BACA JUGA :  Gunung Semeru Semburkan Kolom Abu Setinggi 600 Meter, 4 Kali Erupsi Hari Ini

Awalnya saya tidak terlalu tertarik ketika seorang teman membuat workshop Kokedama. Tapi ketika dibilang bisa dijual, sayapun jadi ikut daftar, haha. Ternyata lumayan juga untuk dipakai di rumah sendiri, untuk hiasan dan penghijauan di rumah.

Apalagi perawatannya yang sangat mudah, cocok untuk saya yang tidak bertangan hijau. Kalau tanaman lain di pot atau polybag butuh perawatan lebih banyak, Kokedama cukup direndam saja. Untuk pemupukan kokedama, selama ini saya menggunakan pupuk cair.

BACA JUGA :  Sebagai Kandidat Terbaik Partai Golkar, Jaro Ade Didaftarkan Calon Bupati Bogor

Cara memupuk kokedama, cukup merendamnya dalam larutan pupuk cair. Pertama, siapkan dulu pupuk cairnya (saya menggunakan pupuk hantu). Sebagai pengganti air biasa, ketika Kokedama sudah kering, masukkan ke dalam larutan pupuk organik cair. Selanjutnya sama seperti perendaman biasa.

Kelebihan lain dari Kokedama adalah cocok untuk tempat sempit. Jika Anda ingin punya tanaman hias tapi tidak ada lahan lebih, bisa menggunakan Kokedama sebagai pilihan. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================