5 Manfaat Jagung Ungu
5 Manfaat Jagung Ungu yang Secantik Warnanya.

BOGOR-TODAY.COM5 Manfaat jagung ungu bagi kesehatan tubuh. Warna ungu pada jagung ini karena kandungan antosianin yang tinggi, yaitu zat dengan sifat antioksidan, antivirus, antiperadangan, dan juga antikanker.

Melansir alodokter.com, Selasa (2/11/2021) jagung ungu merupakan jenis jagung yang berasal dari Peru, Amerika Selatan, dan telah banyak dibudidayakan di berbagai negara. Pigmen ungu pada biji jagung ini mengandung antosianin yang diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Kandungan nutrisi dalam jagung ungu dan jagung kuning tidak jauh berbeda. Kandungan itu meliputi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta kaya akan antioksidan dan flavonoid.

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 21 April 2024

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rasa jagung ungu juga dinilai lebih enak daripada jagung kuning dan dapat menjadi alternatif pewarna makanan.

Beragam Manfaat Jagung Ungu
Tak hanya kaya akan antosianin, jagung ungu juga mengandung beragam senyawa fenolik, seperti asam kafeat, asam vanilat, luteolin, dan quercetin yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beragam manfaat yang dapat Anda peroleh saat mengonsumsi jagung ungu:

1. Menurunkan resistensi insulin
Resistensi insulin merupakan kondisi dimana sel-sel tubuh tidak dapat merespons insulin, sehingga tidak mampu memecah glukosa. Kondisi ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan dapat memicu diabetes tipe 2.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 23 April 2024

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji jagung ungu dapat menurunkan resistensi insulin, yang ditandai dengan meningkatnya penyerapan glukosa darah. Selain itu, ekstrak biji jagung ungu juga mengandung alfa-amilase yang berperan penting dalam pemecahan karbohidrat kompleks dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung
Jagung ungu baik untuk kesehatan jantung berkat kandungan antosianin dan senyawa fenolik lain di dalamnya. Bahkan, dalam menjaga kesehatan jantung, jagung ungu diketahui lebih baik dibandingkan jagung kuning.

============================================================
============================================================
============================================================