covid arm
COVID Arm Salah Satu Efek Samping Vaksin COVID-19, Bagaimana Cara Mengatasinya. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COMCOVID arm salah satu efek samping dari vaksin COVID-19. Meski tergolong ringan dan dinilai tidak berbahaya, COVID arm bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk mengatasinya.

Setiap vaksin dapat menimbulkan efek samping, tak terkecuali vaksin COVID-19. Efek samping yang ditimbulkan pun bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga berat. Beberapa contoh efek samping vaksin adalah kelelahan, demam ringan, nyeri di area suntik, sakit kepala, hingga reaksi anafilaksis.

Efek samping tersebut umumnya terjadi dalam waktu 1–2 hari setelah penyuntikan. Namun, pada sebagian orang, efek samping bisa saja muncul beberapa hari setelah pemberian vaksin COVID-19. Nah, salah satu efek samping tersebut adalah COVID arm.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Udang Goreng Bawang Putih ala Restoran yang Gurih dan Harum

Mengenal Efek Samping COVID Arm

Melansir alodokter.com, Selasa (2/11/2021) saat masuk ke dalam tubuh, vaksin COVID-19 akan mulai bekerja membentuk antibodi untuk melawan virus Corona. Hal tersebut membuat sel imunitas tubuh melawan vaksin secara berlebihan sebagai metode pertahanan diri. Kondisi inilah yang menjadi penyebab munculnya reaksi alergi setelah vaksinasi COVID-19, dan salah satunya adalah COVID arm.

Hal tersebut membuat sel imunitas tubuh melawan vaksin secara berlebihan sebagai metode pertahanan diri. Kondisi inilah yang menjadi penyebab munculnya reaksi alergi setelah vaksinasi COVID-19, dan salah satunya adalah COVID arm.

BACA JUGA :  Warga Digegerkan Penemuan Jasad Korban Hanyut di Pamijahan 1 Bulan Lalu

COVID arm dapat terjadi baik setelah dosis vaksin pertama maupun kedua. Berbeda dengan efek samping vaksin COVID lainnya, COVID arm baru akan muncul pada hari ke-5 hingga lebih dari satu minggu setelah vaksinasi.

Gejala COVID arm meliputi rasa nyeri atau gatal di lengan sekitar area penyuntikan, ruam kemerahan, serta teraba hangat dan bengkak pada kulit area bekas suntikan.

============================================================
============================================================
============================================================