COVID arm dinilai tidak berbahaya bagi kesehatan dan dapat reda dengan sendirinya dalam waktu 3–5 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan efek samping ini berlangsung lebih lama.

Cara Mengatasi Efek Samping COVID Arm

Meski dapat mereda dengan sendirinya, COVID arm kerap membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika mengalami COVID arm setelah mendapatkan vaksin COVID-19, Anda dapat menggunakan kompres air dingin untuk meredakan pembengkakan pada area bekas suntikan. Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli secara bebas, seperti paracetamol.

BACA JUGA :  Bakwan Jagung Udang, Menu Makan Sederhana yang Praktis

Selain itu, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan sehat, dan beristirahatlah yang cukup agar tubuh Anda cepat pulih setelah menerima vaksin COVID-19.

Penting untuk Anda ketahui bahwa manfaat vaksin COVID-19 jauh lebih besar daripada efek samping yang ditimbulkannya. Bila Anda mengalami COVID arm setelah vaksin COVID-19 dosis pertama, Anda tetap bisa dan bahkan perlu menerima vaksin COVID-19 dosis kedua.

Informasikan terlebih dahulu pada dokter atau petugas kesehatan mengenai COVID arm yang Anda alami setelah vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Anda mungkin akan disarankan untuk memperoleh suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua di lengan yang berbeda.

BACA JUGA :  Untuk Pilkada yang Aman dan Damai, PCNU Kota Bogor Gelar Doa Bersama

Namun, jika nyeri dan bengkak pada COVID arm semakin parah, apalagi bila disertai dengan sesak napas, nyeri dada, dan melemahnya lengan atau kaki, segera kunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================