Selain itu, antosianin dalam jagung ungu juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, melawan stres oksidatif, dan kadar klesterol, yang menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit kanker
Senyawa antikanker yang terkandung dalam jagung ungu diduga dapat mencegah beragam penyakit kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker paru-paru.

Selain antikanker, flavonoid dan antosianin dalam jagung ungu juga berfungsi sebagai antiangiogenesis yang dapat mencegah perkembangan sel kanker (metastasis) dalam tubuh.

4. Mencegah dan mengatasi obesitas
Lapisan berpigmen pada biji jagung ungu mengandung antosianin yang diduga efektif dalam menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas. Selain itu, antosianin juga memiliki sifat anti obesitas, yang dapat mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

BACA JUGA :  Mengaku Kerasukan, Ibu Kandung di Kupang NTT Potong Tangan Balita 3 Tahun

5. Mengontrol tekanan darah
Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jagung ungu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolilk pada penderita hipertensi, tanpa memandang usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, atau tekanan darah awal.

Namun, khasiat jagung ungu untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA :  Mobil Wisatawan Asal Bekasi Hilang Kendali dan Terjun ke Jurang di Sukamakmur

Nutrisi dan antioksidan di dalam jagung ungu tidak perlu diragukan lagi. Untuk mendapatkan beragam manfaat jagung ungu seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dikukus, direbus, ataupun diolah menjadi hidangan tertentu.

Namun, sebaiknya Anda tetap membatasi konsumsi jagung ungu, dan mengimbanginya dengan konsumi makanan bergizi lainnya. Pastikan Anda juga menerapkan pola hidup sehat dengan mencukupi asupan cairan, istirahat cukup, serta olahraga teratur untuk menjaga kesehatan. (net)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================