Bima Arya : RM Tirto Adhi Soerjo, Tokoh Pers dan Tokoh Kebangkitan Nasional Indonesia

Menurut Nina, RM Tirto Adhi Soerjo dari Bogor membuka dan menyebarkan ide-ide gagasannya tentang wawasan kebangsaan. Selain itu, RM Tirto Adhi Soerjo adalah orang pertama yang mengangkat istilah anak hindia mengganti istilah pribumi dan itu jelas-jelas mengankat martabat negara ini.

“Meskipun mulai dari Bandung membuat Medan Priayi, tapi itu harus dilihat gagasnnya untuk membuat pers yang bersifat nasional penuh dengan perjuangan dan itu dilaksanakan juga ketika RM Tirto Adhi Soerjo berjuang dari Bogor,” bebernya.

BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

Ditempat yang sama, cicit RM. Tirto Adhi Soerjo, Denny Irawan, dijadikannya nama RM Tirto Adhi Soerjo merupakan suatu penghargaan dari Pemkot Bogor. Begitu juga dengan gelar kepahlawan. Sesuatu yang luar biasa penghargaan dari pemerintah, karena perlu diketahui ini bukan permintaan dari pihak keluarga.

“Begitupun dengan jalan, jalan itu betul-betul setahu kami baru dari pemerintah Kota Bogor, karena terbukti bukan jalan utama, mungkin kalau dari pemerintah pusat jadi nama jalan utama yang dikasih,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 1 Mei 2024

Menurut Denny, RM Tirto Adhi Soerjo merupakan orang yang sangat berdedikasi, banyak perjuangan lebih untuk masyarakat Indonesia.

“Kami bangga uyut kami adalah orang yang berjuang melawan kolonial Belanda, pernah punya koran yang luar biasa bagus, menjadi salah satu orang yang menginisiasi organisasi Serikat Dagang Islam (SDI),” pungkasnya. (Aditya)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================