Self Healing
Self Healing Upaya Menyembuhkan Stres dan Cara Mengatasinya. Foto " freepik.com.

BOGOR-TODAY.COMSelf healing adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh masing-masing pribadi untuk menyembuhkan luka pascatrauma atau kejadian yang membuat seseorang merasa tertekan atau stres secara mandiri.

Pada sebuah penelitian bahkan telah membuktikan bahwa setiap individu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan “luka” itu sendiri, dengan presentasi keberhasilan hingga 18-75 persen. Oleh karena itu, self healing diperlukan dan tersedia dalam beragam metode.

Masing-masing orang memiliki cara meluapkan emosi dan memulihkan diri masing-masing. Salah satu cara yang dianggap dapat menjadi bagian self healing adalah menghancurkan barang. Efektifkah menurut psikolog?

BACA JUGA :  Halalbihalal Perumda Tirta Pakuan, Wali Kota Bogor Apresiasi Kinerja Pelayanan

Menghancurkan barang, apakah tepat untuk Self Healing?

Melansir verywellmind.com, Jumat (26/11/2021), psikolog klinis Cleveland Clinic, AS, Scott Bea, Psy.D, fasilitas untuk merusak barang (rage room) mungkin berguna bagi beberapa orang agar mendapatkan ketenangan.

Mereka mungkin merasa, emosi yang dipendam selama ini akhirnya bisa tersalurkan dengan menghancurkan barang dalam layanan tersebut. Tak dipungkiri, kegiatan ini memang tidak bisa dilakukan di kehidupan sehari-hari.

Tetapi, Scott berpendapat, jika Anda berjuang melawan masalah kecemasan serius, melampiaskan emosi dengan merusak barang-barang bukanlah solusi terbaik untuk memulihkan diri.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 24 April 2024

Sebaiknya, temui terapis untuk membantu mengatasi kecemasan atau stres yang dialami.

Sependapat dengan Scott, Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, mengatakan ruang kemarahan yang ada saat ini tidak bisa disebut media self-healing.

Menurut Gracia, tujuan dari ruang kemarahan adalah sebagai sarana katarsis, yakni media untuk melepaskan amarah atau emosi lain yang mengganggu.

“Bedanya, sekarang ada fasilitas semacam ini yang menyediakan suatu protokol dan memastikan keamanan bagi pelakunya dan dilakukan secara sadar, bukan hanya karena dorongan luapan emosi semata,” ucap Gracia.

============================================================
============================================================
============================================================