malam hari
Ilustrasi : freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Pada umumnya malam hari waktu yang tepat untuk tubuh berisitirahat. Namun sebagian orang memanfaatkan malam untuk bekerja atau belajar.

Mereka meyakini bekerja di malam hari lebih efektif dibandingkan mengerjakannya di pagi hari.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut 6 alasan seseorang lebih produktif di malam hari.

1. Suasana Malam Jauh Lebih Tenang dan Damai

Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog, beberapa orang dapat merasakan suasana malam hari jauh lebih damai dan lebih tenang daripada siang hari. Ketenangan ini pun membantunya lebih berkonsentrasi, sehingga akan lebih produktif.

BACA JUGA :  Rekonsiliasi Tokoh Politik Bumi Tegar Beriman, Jelang Pilkada 2024 Pajeleran dan Bilabong Kian Harmonis

“Penyebab mengapa orang dapat lebih produktif di malam hari, karena pada malam hari, kita mengalami minim distraksi. Sehingga, kita bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas dan menjadi produktif,” ucap Ikhsan.

Beberapa orang juga dapat mengalami sensitivitas sensorik yang tinggi sehingga kesulitan berkonsentrasi di siang hari. Misalnya, aroma makanan dan minuman, cahaya yang terang, dan obrolan teman kantor.

Jadi begitu malam tiba, saat itulah mereka akhirnya bisa berkonsentrasi lebih untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

2. Memiliki Kebiasaan Terjaga di Malam Hari

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Lele Bumbu Cabe yang Lezat dan Pedas Nampol

Beberapa orang memiliki puncak energi di malam hari atau disebut juga dengan night owls. Orang yang mengalami night owls memang terbiasa memiliki pola tidur yang buruk.

Namun, jika dimanfaatkan dengan baik, ini bisa menjadi hal yang menguntungkan untuk dirinya.

3. Memiliki Pola Tidur Fleksibel

Beberapa orang memiliki kemampuan bawaan untuk tidur saat mereka ingin. Orang-orang ini dapat memanfaatkan kedamaian saat malam hari untuk menyelesaikan pekerjaannya daripada mengerjakannya di siang hari.

============================================================
============================================================
============================================================