Gejala Flu Saat Musim Penghujan
Jangan Dianggap Sepele Gejala Flu Saat Musim Penghujan. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COMGejala flu saat musim penghujan jangan dianggap sepele. Seperti diketahui, flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, tenggorokan, serta paru-paru. Kondisi ini sangat berbeda dengan pilek biasa (common cold).

Untuk itu, kenali lebih banyak seputar penyakit flu agar kamu dapat menangani kondisi ini dengan baik.

Meskipun gejala hampir mirip dengan kondisi common cold, tetapi penyakit flu lebih berbahaya dari pilek biasa. Penyakit flu yang tidak diatasi dapat menjadi lebih buruk.

Bahkan, kondisi ini dapat memicu berbagai komplikasi kesehatan. Lalu, mengapa banyak orang mengalami flu saat musim hujan?

Melansir alodokter.com, Rabu (1/12/2021)  berikut alasan virus flu menyebar di musim hujan.

BACA JUGA :  Agar Tak Mudah Sakit saat Puasa, 5 Minuman Ini Bisa Tambah Imunitas

Alasan Virus Flu Menyebar di Musim Hujan

Memasuki musim penghujan banyak persiapan yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan tubuh agar tidak mengalami gangguan. Pada musim hujan seperti ini penyakit flu menjadi salah satu penyakit yang cukup sering dialami. Namun, sebaiknya perhatikan kondisi flu yang kamu alami.

Penyakit flu berbeda dengan pilek biasa (common cold). Penyakit flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang dialami pun akan berbeda pada tiap pengidapnya. Mulai dari gejala yang ringan, hingga yang cukup parah. Bahkan, flu dapat memicu kematian jika tidak ditangani dengan tepat.

BACA JUGA :  Konsisten Selama 10 Tahun, Vihara Dhanagun Jaga Keberagaman Lewat Santunan dan Buka Puasa Bersama

Gejala flu akan dialami secara mendadak oleh pengidapnya. Biasanya, gejala akan dialami setelah 2–3 hari paparan virus influenza. Berikut ini beberapa gejala terkait penyakit flu:

  • Demam
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung berair
  • Nyeri tubuh dan otot
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah.

Itulah beberapa gejala yang dialami oleh pengidap flu. Lalu, mengapa banyak orang terkena flu saat musim hujan? Hal ini disebabkan musim hujan biasanya memiliki suhu yang lebih dingin. Dengan begitu, virus akan lebih mudah hidup dan menyebar pada manusia.

============================================================
============================================================
============================================================