Mengenal Sadfishing
Mengenal Sadfishing, Tren Pamer Kesedihan di Media Sosial dan Dampaknya. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Media sosial kerap dimanfaatkan menjadi ajang pamer. Mulai dari foto liburan, makanan, fashion dan lainnya. Namun, ada juga sejumlah pengguna media sosial mengumbar kesedihan atau disebut dengan Sadfishing.

Dengan demikian, sadfishing dapat menjadi “keasyikkan” tersendiri bagi sebagian orang. Padahal, perilaku ini dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, lho!

Mengenal Sadfishing

Sadfishing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang yang membuat pernyataan berlebihan tentang masalah emosional mereka.

Tujuannya adalah untuk menjaring simpati follower di dunia maya. Istilah tersebut diduga muncul sebagai deskripsi unggahan yang pernah dibuat selebritas dunia, seperti Kendall Jenner.

Top model tersebut pernah curhat di media sosialnya terkait pengalamannya berjuang mengatasi jerawat.

Penghuni dunia maya lantas menuduhnya telah melakukan sadfishing karena mengumbar kesedihan di medsos dan menjaring simpati follower-nya.

BACA JUGA :  Cemilan Simple Andalan Keluarga dengan Pancake Pisang yang Lembut dan Bikin Nagih

Istilah sadfishing kini lebih merujuk pada status emosional seseorang, khususnya kesedihan.

Perilaku ini lebih banyak dilakukan orang berusia muda yang mencari dukungan dengan berbicara isu-isu seputar kecemasan dan depresi di media sosial.

Dampak Mengumbar Kesedihan di Media Sosial

Meski mengunggah banyak hal di media sosial, tanpa perlu izin siapa pun. Akan tetapi, tetap perlu mempertimbangkan apa dampak curhat di media sosial bagi orang lain.

Mengumbar kesedihan di media sosial, misalnya, dapat memicu orang lain ikut merasakan kesedihan dan depresi yang serupa.

Dibalik itu, tak pernah tahu bagaimana tanggapan orang lain yang membaca, mendengarkan, atau menyaksikan cerita tersebut di media sosial.

Ada yang prihatin, ada yang bersimpati, atau mungkin ada juga yang makin frustrasi atau depresi dibuatnya.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Apresiasi Kinerja ASN dan Ingatkan Pentingnya Integritas

Kalaupun ingin mencurahkan kesedihan, sangat penting untuk memilih caranya. Perhatikan pula kata-kata ketika menuliskan atau menggambarkan kesedihan di media sosial.

Di lain sisi, sadfishing adalah bentuk atau cara anak muda mengemukakan kerentanan dan kondisi psikologisnya.

Mereka ingin secara langsung mendapatkan perhatian. Bagi yang paham, mungkin akan langsung diajak diskusi dan menolong.

Namun, bagi orang-orang yang tidak paham, mungkin tindakan tersebut akan dianggap lebay.

Parahnya lagi, ketika seseorang curhat di sosial media, mereka yang tidak paham dengan kondisi tersebut juga mungkin melontarkan komentar negatif. Hal ini pada akhirnya dapat berujung pada perundungan siber (cyberbullying). Dampak curhat di media sosial bisa bersifat negatif bagi kondisi emosional seseorang.

======================================
======================================
======================================