Selain itu, masyarakat Desa Jontona juga diimbau untuk selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran materi lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah gunung.

4.Gunung Ibu (Maluku Utara)

Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Herlan mengatakan beberapa gunung api aktif tersebut sudah terdapat magma yang membentuk kubah lava di permukaan gunung.

BACA JUGA :  SOLUSI AGAR GURU BEBAS DARI PINJOL

Di samping itu Herlan menjelaskan potensi erupsi di Gunung Merapi, Jawa Tengah, sudah aktif sejak 2018 karena sudah membentuk kubah lava di permukaan.

Kemudian di Gunung Sinabung, menurutnya, sudah ada aktivitas gunung yang sangat tinggi. Namun, perlu ada evaluasi apakah erupsi membahayakan masyarakat atau tidak.

Menurut dia, gunung api aktif yang sudah terbentuk kubah lava patut diwaspadai ketika mulai masuk musim penghujan lantaran dapat memicu terjadinya erupsi saat intensitas hujan tinggi mengguyur kubah lava yang bersiap untuk memuntahkan magma.

Ia juga mengimbau masyarakat yang ada di sekitar gunung api aktif untuk meningkatkan level kewaspadaanya, terlebih pada gunung api yang memiliki struktur terbilang curam.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor

Herlan menilai level kewaspadaan masyarakat di sekitar Gunung Merapi bisa dijadikan contoh tanggap bencana, karena banyak masyarakat melakukan ronda serta melakukan latihan evakuasi mandiri.

“Kalau Merapi level kewaspadaan masyarakat Insha Allah sudah tangguh karena mereka ternyata sering ronda dan mereka punya CCTV, jadi kemungkinan saya masyarakatnya sudah baik, mereka juga melakukan latihan evakuasi mandiri,” katanya. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================