PVMBG Melaporkan Gunung Semeru
Gunung Semeru

BOGOR-TODAY.COM, LUMAJANGPVMBG melaporkan Gunung Semeru kembali mengalami erupsi sebanyak 3 kali sejak dini hari pukul 01.02 WIB.

Erupsi pertama, pada pukul 01.02 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.000 meter di puncak, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 297 detik,” tulis PVMBG dalam akun twitter @PVMBG, Selasa (7/11/2021)

Lebih lanjut, erupsi Semeru kembali terjadi pada pukul 02.44 WIB. Erupsi kedua ini terjadi dengan durasi 454 detik. Terakhir Semeru erupsi terjadi pukul 05.54 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 1.000 m di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna putih, kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara. Erupsi ini sempat terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 267 detik.

BACA JUGA :  Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Dia Penyebabnya

Dengan demikian, PVMBG mengimbau agar masyarakat sekitar tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah atau puncak Semeru dan jarak 5 kilometer arah bukaan kawah di sektor tenggara-selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

============================================================
============================================================
============================================================