MENCEGAH DAN MEMBERANTAS KORUPSI DIMULAI DARI SEKOLAH

MENCEGAH DAN MEMBERANTAS KORUPSI DIMULAI DARI SEKOLAH

Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

HARI Korupsi Sedunia atau Hari Korupsi Internasional diperingati setiap tanggal 9 Desember. Hal ini menunjukkan betapa korupsi sudah merupakan penyakit kronis yang tidak terjadi di Indonesia tapi sudah mendunia gaes. Maaf tapi ini bukan untuk dibanggakan, tapi kita prihatinkan, karena sungguh memalukan.

Pengertian korupsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Juga bisa pengertian korupsi adalah penggunaan waktu dinas (bekerja) untuk urusan pribadi.

Baca Juga :  Drainase di Ruas Jalan Raya Leuwisadeng Jadi Biang Kerok Banjir

Jadi memang korupsi itu biasanya dilakukan oleh pejabat, pemimpin, atau orang yang punya kedudukan dan jabatan. Baik oknum itu berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Polisi/TNI, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), eksekutif, legislatif dan yudikatif serta pimpinan di Perusahaan swasta.

Baca Juga :  Bejat! Paman dan 2 Rekan Kerja Ayahnya Perkosa Bocah di Jakbar

Korupsi semakin hari bukan semakin berkurang, tapi justru semakin hari semakin meningkat. Meski sudah ada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang pada awalnya sangat ditakuti para koruptor. Terbukti dengan adanya KPK, banyak kepala daerah, dari bupati, walikota, gubernur bahkan sampai menteri disikat habis oleh KPK.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua