5 Ciri-Ciri Pertemanan Toxic
5 Ciri-Ciri Pertemanan Toxic. Foto : Ilustrasi

BOGOR-TODAY.COM – Banyak teman banyak rezeki. Pepatah ini memang tepat sekali untuk zaman sekarang. Melalui teman kita bisa mendapatkan berbagai informasi soal pekerjaan, keuangan, peluang usaha, kesehatan dan banyak lagi.

Tetapi pepatah ini langsung gugur jika teman yang miliki termasuk dalam kategori toxic friend.

Apa itu toxic friend?

Melansir sehatq.com, Sabtu (11/12/2021) Toxic friend adalah istilah yang mengacu pada teman yang tidak mendukung dan memberikan kontribusi positif untuk hidup kalian. Mereka selalu membawa efek negatif dalam kehidupan. Mereka sering membuat kalian stres dan makan hati, seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan dan kesehatan mental.Teman seperti ini harus dihindari karena tidak bermanfaat. Jika kalian memiliki toxic friend, segera menjauh. Namun, sebelum menjauhkan diri dari mereka, tentu kalian perlu mengetahui ciri-ciri dari toxic friend.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Berpesan Agar Jamaah Haji Laksanakan Seluruh Rangkaian Ibadah Haji Dengan Baik

Berikut 5 ciri-ciri pertemanan toxic yang perlu kalian tahu dan sebisa mungkin hindari:

  1. Hubungan Penuh dengan Ego dan Dominasi

5 ciri-ciri pertemanan toxic

Tanpa dipungkiri, setiap manusia tentu memiliki egonya masing-masing. Namun, ketika di circle pertemanan hanya mementingkan dirinya masing-masing dan sulit berempati kepada orang lain, harus ekstra hati-hati, nih!

Karena ketika ego selalu dikedepankan dan ada keinginan untuk mendominasi, maka pertemananmu akan sulit untuk berkembang atau bahkan untuk sekadar terasa hangat.

Contoh lainnya, salah satu dari kalian hanya datang jika ada keperluan dan permintaan pribadi, tapi enggan return the favor di saat yang lain membutuhkan.

Kalau ada di situasi ini, cobalah diskusikan dan cari  jalan keluarnya bersama, agar bisa terbebas dari pertemanan yang toxic.

  1. Menggosipkan Satu sama Lain
BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota Bogor Ingatkan Jaga Netralitas ASN

5 ciri-ciri pertemanan toxic

Ciri-ciri toxic friendship yang satu ini juga jangan sampai. Apakah pantas jika di dalam satu circle pertemanan, ternyata masing-masing membicarakan hal buruk satu sama lain dari belakang?

Bergosip itu memang kebiasaan yang buruk, tapi agak sulit untuk benar-benar menghilangkannya dari kehidupan kita. Namun, jika sudah membicarakan hal negatif tentang seseorang secara berlebihan otomatis akan membuat pikiran dan mental kita semakin memburuk, lho.

Terlebih jika yang dibicarakan adalah teman sendiri yang seharusnya menjadi tempat paling aman untuk saling curhat. Nah, ketika sudah melihat kebiasaan ini muncul di geng kamu, lebih baik untuk saling mengingatkan sebelum pertemanan kalian semakin toxic!

  1. Memberikan Pengaruh Buruk

5 ciri-ciri pertemanan toxic

============================================================
============================================================
============================================================