Jadi Penghasil Kopi Robusta Terbesar di Jawa Barat Dorong Terwujudnya Karsa Bogor Maju

KOPI

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Masyarakat Indonesia khususnya para generasi milenial akhir-akhir ini sangat di hebohkan dengan keberadaan kedai kopi yang menghiasi setiap sudut kota.

Hal itu tentunya tidak lepas dari meningkatnya popularitas kopi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Kopi saat ini merupakan salah satu komoditas yang digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

KOPI KOPI

Aroma dan cita rasa kopi yang kuat memikat penggemarnya untuk selalu menghadirkan kopi di sela-sela aktivitas rutin harian masyarakat.

Tren kopi masa kini di Indonesia tersebut tentunya tidak semata-mata populer karena kedai kopinya yang kekinian. Itu hanya satu dari sekian faktor yang menjadikan tren kopi masa kini di Indonesia makin lebih digemari.

Bagian dari tren kopi masa kini di Indonesia yang tak kalah penting adalah banyaknya varian rasa dari kopi.

BACA JUGA :  Labu Siam Ternyata Punya 12 Manfaat untuk Kesehatan, Simak Berikut Ini

Varian kopi yang bervariatif ini tentunya tak lepas dari peran Indonesia yang menjadi salah satu penghasil biji kopi terbaik dan terbanyak di Indonesia.

Di Indonesia sendiri banyak daerah penghasil biji yang berkualitas, masing-masing daerah tersebut pun memiliki cita rasa biji kopi yang berbeda-beda.

Salah satunya di Kabupaten Bogor yang memiliki wilayah dengan ketinggian yang cocok untuk budidaya kopi robusta, memiliki potensi besar untuk mengembangkan produksi kopi robusta. Kini Kabupaten Bogor, telah menjelma sebagai salah satu daerah penghasil kopi robusta terbesar di Jawa Barat.

KOPI

Dengan jumlah produksi mencapai 4.004 ton setahun, membawa Bumi Tegar Beriman menduduki posisi keempat sebagai penghasil kopi robusta di Indonesia. Sementara di Jawa Barat, Kabupaten Bogor menjadi yang paling banyak menghasilkan robusta.

BACA JUGA :  Untuk Tangani Hidrasi, Lebih Bagus Air Lemon atau Air Kelapa? Simak Ini

Bahkan di Indonesia, Kabupaten Bogor berada di urutan nomor empat terbesar penghasil kopi robusta. Pesatnya perkembangan produksi kopi di Kabupaten Bogor berkontribusi besar dalam mendorong terwujudnya Karsa Bogor maju.

KOPI

Ada lima kecamatan di Bumi Tegar Beriman menjadi pemasok kopi, baik robusta dan arabika, yakni Kecamatan Sukamakmur, Megamendung, Pamijahan, Babakan Madang dan Tanjungsari. Bahkan produksi 4.004 ton, telah melampauai target tahunan yang telah dicanangkan yakni sekitar 3.000an ton per tahun hingga 2023.

============================================================
============================================================
============================================================