Pijat Injak Punggung

BOGOR-TODAY.COMPijat injak punggung menjadi salah satu alternatif menghilangkan rasa pegal dan lelah selepas menjalani aktivitas seharian. Namun, metode pijat injak punggung tersebut memiliki bahaya bagi kesehatan.

Mengapa metode ini bisa berbahaya bagi kesehatan?

Melansir hellosehat.com, Minggu (19/12/2021) Profesor dari Departemen Terapi Fisik di University of Alberta, Kanada, Greg Kawchuk, Ph.D menyebutkan bahwa melakukan pijat injak punggung jika dilakukan dengan tepat oleh ahlinya memang bisa memberikan efek relaksasi yang luar biasa bagi tubuh.

Namun, jika cara ini dilakukan secara asal tanpa memperhatikan teknik yang benar, maka akan berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 20 April 2024

“Seseorang yang memiliki massa tubuh yang lebih berat menginjak punggung, maka akan memicu tekanan berlebih yang jauh lebih tinggi dari kekuatan ligamen dan buku-buku pada tulang punggung,” kata Greg.

Hal itu, kata Greg justru meningkatkan risiko seseorang terkena cedera tulang punggung.

Bahkan dalam beberapa kasus yang lebih serius, melakukan pijat injak punggung tanpa memperhatikan metode yang benar akan menyebakan seseorang mengalami patah tulang dan saraf kejepit.

Senada dengan Greg, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) Arif Soemarjono mengatakan injak punggung dilakukan secara asal-asalan tanpa memperhatikan metode yang benar bisa menyebabkan seseorang mengalami pergeseran tulang punggung secara signifikan.

BACA JUGA :  Gangguan Mental Bisa Jadi Pemicu Susah Bangun Pagi, Benarkah?

Asal usul pijat shiatsu, terapi pijat injak kaki dari Jepang

Pijat injak punggung sebenarnya adalah salah satu terapi pijat shiatsu dari Jepang yang sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu oleh para biksu.

Praktik pijat shiatsu memang terlihat mirip seperti melakukan gerakan menginjak punggung pada umumnya.

============================================================
============================================================
============================================================