MENEPIS RADIKALISME DENGAN PIKIRAN KRITIS

menepis radikalisme

Oleh : Rangga Radhika Ghathaf (Mahasiswa HI Unpar Bandung)

INDONESIA dengan jumlah penduduk cukup besar, yaitu 272.229.372 jiwa berdasarkan data Administrasi Kependudukan per Juni 2021. Dengan jumlah penduduk yang besar, hal tersebut bisa membawa berbagai ancaman yang diterima masyarakat luas untuk memecah belah persatuan NKRI.

Banyaknya perbedaan yang ada di Indonesia menjadi salah satu alasan kuat mengapa adanya kasus terjadinya disintegrasi di Indonesia. Salah satu kasus yang sering berkembang adalah kasus mengenai adanya paham radikalisme. Contoh kasusnya bisa kita lihat dengan masih adanya Organisasi papua Merdeka (OPM) hingga saat ini yang menginginkan kemerdekaan bagi rakyat Papua.

Baca Juga :  Akhir 2022 Pemerintah Berencana Hapus Kartu E-Toll 

Pengertian radikalisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah “Paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis.”

Paham yang menginginkan perubahan yang drastis tersebut dianggap kurang cocok untuk negara Indonesia karena ada banyaknya suku dan budaya.

Baca Juga :  Pengedar Sabu di Padarincang Serang Ditangkap saat Sedang Tidur Pulas

Paham yang keras tersebut apabila tidak segera untuk ditangani, maka bisa menyebabkan adanya masalah yang cukup serius di Indonesia seperti perpecahan.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua