Pancakarsa Milik Bupati Ade Yasin Terbukti Jitu Hapus Desa Tertinggal

Pancakarsa
Kepala Bappeda Litbang, tim percepatan pembangunan, pengamat beserta anggota DPRD Kabupaten Bogor menyampaikan keberhasilan program Pancakarsa milik Bupati Bogor Ade Yasin dalam acara diskusi.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR Kerja keras Bupati Bogor, Ade Yasin selama tiga tahun menjalankan program Pancakarsa terus membuahkan hasil salah satunya menghilangkan desa tertinggal yang berada di beberapa pelosok Kabupaten Bogor.

“Salah satu indikator keberhasilan program Pancakarsa, ditahun ke tiga ini tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Bogor,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra dalam diskusi bertajuk “Tiga Tahun Pancakarsa” di Cibinong, Bogor, Rabu (22/12/2021).

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 27 Maret 2024

Suryanto menjelaskan, Ade Yasin mampu menaikkan status 41 desa tertinggal menjadi desa berkembang dan desa maju sejak dimulainya program Pancakarsa pada tahun 2019 hingga akhir 2020.

Pada pertengahan 2021, lanjut dia, sisa empat desa yang berstatus tertinggal juga naik status menjadi desa berkembang yaitu, Desa Cilaku di Kecamatan Tenjo, Wirajaya di Kecamatan Jasinga, serta Sukarasa dan Buanajaya di Kecamatan Tanjungsari.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Tim Percepatan Pembangunan, Saepudin Muhtar menyebutkan bahwa sejak tahun 2018 dirinya yang masuk dalam tim perumus Pancakarsa melakukan kajian salah satunya mengenai infrastruktur di Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :  Pelosok Bandung Barat Diterjang Banjir Bandang hingga Longsor

Hasil kajiannya, ada 38 persen jalan dengan kualitas yang kurang bagus. Menurutnya, jalan tersebut berada di pelosok sehingga tidak bisa dianggarkan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun oleh pemerintah daerah jika melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

============================================================
============================================================
============================================================