Malam pergantian tahun baru
Selain Jagung, Ini 3 Makanan Bakar Cocok Untuk Malam Pergantian Tahun Baru.

BOGOR-TODAY.COM –  Malam pergantian tahun baru sudah di depan mata. Biasanya acara bakar-bakar makanan adalah salah satu agenda rutin yang khas. Umumnya, orang-orang menyiapkan makanan bakar-bakaran seperti jagung atau daging.

Melansir klikdokter.com, menu bakar-bakaran juga dapat diganti dengan aneka makanan yang lebih menyehatkan, di antaranya:

  1. Sate sayur

Tidak ada salahnya mengganti makanan bakar yang biasa dilakukan dengan menggantinya saat malam pergantian tahun. Anda dapat menggunakan sayuran, seperti jamur, brokoli, paprika, wortel ataupun terong.

Baca Juga :  Pembangunan Trotoar Sentul-Kandang Roda Disoal, Rudy : Jangan Asal Bupati Senang

Sate sayur, disampaikan dosen kimia dari University of Birmingham, Simon Cotton, cara ini meminimalkan pembentukan akrilamida, yaitu senyawa kimia yang terbentuk ketika makanan dimasak dalam suhu di atas 120 derajat Celcius.

Baca Juga :  Mengintip Pencucian Patung Dewa Jelang Perayaan Imlek di Vihara Dhanagun
Malam pergantian tahun baru
Sate sayur

Simon menyebutkan bahwa akrilamida terbukti menyebabkan kanker dan kerusakan saraf pada hewan. Kendati demikian, hingga saat ini belum ada bukti meyakinkan soal efek karsinogenik akrilamida dari makanan yang dibakar dan dikonsumsi manusia.

Meski begitu, sebagai langkah pencegahan, sayuran maupun makanan yang dibakar jangan diolah berlebihan, apalagi sampai gosong.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua