Minim perhatian
Bertahun - tahun masyarakat yang tinggal di Desa Nembol, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten mengeluhkan jalan yang rusak parah namun minim perhatian pemerintah.

BOGOR-TODAY.COM, PANDEGLANG Bertahun – tahun masyarakat yang tinggal di Desa Nembol, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten mengeluhkan jalan yang rusak parah namun minim perhatian pemerintah.

Namun, dengan kepala desa yang baru, jalan tersebut perlahan – lahan mulai diperhatikan, salah satu bentuk konkret perhatian Kepala Desa Nembol, Tb. Eman Komaruzaman yakni, melakukan penambalan kepada jalan yang berlubang.

“Hari ini saya bersama masyarakat Desa Nembol gotong royong melakukan penambalan jalan yang rusak parah bahkan seperti kubangan kebo, dengan cara menutupinya menggunakan batu split kemudian dipadatkan menggunakan alat berat,” tutur Kades Nembol, Jaro Eman disela perbaikan jalan, Minggu (9/1/2022).

Jalan
Kepala Desa Nembol, Jaro Eman bersama dengan masyarakat Desa Nembol gotong royong melakukan penambalan di sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan sedang hingga rusak parah, Minggu (9/1/2022).

Jaro Eman mengatakan, jalan yang mengalami kerusakan mulai dari pertigaan simpang Nembol menuju arah Kampung Calingcing, hingga menuju arah Kampung Cihujan. Jalan yang katanya status jalan kabupaten itu mengalami kerusakan yang cukup parah, hingga tak sedikit pengendara yang terjatuh akibat jalan rusak itu.

BACA JUGA :  Sayur Lodeh Malaysia, Wajib Cobain Menu Lezat Ini Bikin Ketagihan

“Untuk sementara saya melakukan penambalan dulu dengan cara swadaya masyarakat, karena yang pertama ini masuknya jalan kabupaten bukan jalan desa, artinya untuk memperbaiki secara total jalan tersebut, kami pihak desa akan mengkonsultasikan terlebih dahulu ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang,” tuturnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah ruas jalan terlihat rusak parah, mulai dari pengelupasan aspal, kualitas aspal yang buruk hingga jalan bergelombang akibat struktur tanah yang mengalami pengablasan, karena sering dilalui kendaraan dengan muatan melebihi tonase.

“Kami sebagai warga Nembol sudah cape dengan kondisi jalan yang seperti ini. Harusnya ini bukan hanya tanggungjawab Kades aja, tapi anggota dewan yang daerah pemilihan (Dapil) mandalawangi peka terhadap keluhan kami soal jalan rusak, jangn baik kepada masyarakat saat butuh suara kami saja,” tegas Tatang salah seorang warga Nembol.

BACA JUGA :  Potato Wedges ala Kafe, Cemilan Renyah dan Gurih yang Bikin Nagih

Dia berharap Kepala Desa Nembol yang baru mampu mendobrak dan memberikan perubahan di desa minimal infrastruk jalan yang mulus dan lebar, mengingat selama puluhan tahun jalan Penghubung antara Kecamatan Mandalawangi dan Kecamatan Cimanuk itu, bentukannya sama seperti zaman penjajahan belanda.

“Sesekali itu ibu bupati Pandeglang datang ke desa kami. Katanya bupati punya Program Jalan Kabupaten Mantap Betul (Jakamantul), ayo dong bangun jalan di desa kami, inikan statusnya jalan kabupaten,” pungkasnya. (Putri/ KTR)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================