kulit bawang
Stop Buang Kulit Bawang, Berikut Sederet Manfaatnya Bagi Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM – Saat mengupas bawang, umumnya kulit bawang akan dibuang begitu saja. Namun, dari segi kesehatan kulit bawang ternyata memiliki banyak manfaat.

Melansir klikdokter.com, Rabu (12/1/2022) kulit bawang disebut-sebut dapat meningkatkan kekebalan, mendukung kesehatan jantung, serta menjaga kadar gula darah.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, banyak kandungan nutrisi di dalam kulit bawang, seperti vitamin A, C, E, dan flavonoid yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  Jokowi Bagi-bagi Sembako ke Pedagang dan Masyarakat di Pasar Gunung Batu 

Lantas, bagaimana nutrisi kulit bawang mendukung kesehatan tubuh? simak yuk di bawah ini.

1. Meningkatkan Kekebalan

Stres oksidatif merupakan kondisi ketika kadar radikal bebas di dalam tubuh lebih banyak daripada antioksidan. Kondisi ini menyebabkan radikal bebas merusak sel dan jaringan tubuh, termasuk sistem kekebalan.

Karena itu, untuk menjalankan fungsinya dengan baik, sistem kekebalan sangat bergantung pada asupan gizi yang berperan sebagai antioksidan.

Baca Juga :  Truk Bermuatan Kardus di Bogor Tabrak Pembatas Jalan Hingga Mobil

Pasalnya, antioksidan dapat menghancurkan sel-sel radikal bebas serta melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan melalui National Library of Medicine, jenis antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, di antaranya vitamin A, C, dan E.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua