Pwi Kabupaten Bogor
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat mengukuhkan dan melantik pengurus PWI Kabupaten Bogor periode 2021-2024 di Ballrom M One Hotel, Sukaraja, Rabu (12/1/2022) kemarin.

PBOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat mengukuhkan dan melantik pengurus PWI Kabupaten Bogor periode 2021-2024 di Ballrom M One Hotel, Sukaraja, Rabu (12/1/2022) kemarin.

Dengan pelantikan ini, Hilman berharap Ketua PWI terpilih dapat mengemban amanah, karena telah bersumpah untuk menjalankan UU Nomor 199 mengenai Kode Etik Jurnalistik dan Kode Etik Perilaku Wartawan, sebab adanya perkembangan dan perubahan teknologi berpengaruh terhadap independensi profesi wartawan.

“Ingat profesi wartawan ada etiknya, teman-teman wartawan daerah itu mengekor beritanya, tidak independen,” tegas Hilman.

Kata Hilman, pesatnya perkembangan teknologi membuat banjir informasi, namun kerap didominasi dengan informasi keliru, seperti datanya benar, fotonya benar akan tetapi isi kontennya sesat.

Dengan demikian, Hilman mengimbau untuk terus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Karena hanya wartawan yang memiliki kode etik jurnalistik dan hati nurani yang berani meciptakan kebenaran.

“Kasihan masyarakat dibodohi, pemerintah diberikan informasi palsu. Benteng terakhirnya adalah di kode etik jurnalistik,” tutup Hilman.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan bahwa dirinya menginginkan PWI dapat semakin adaptif, inovatif, memiliki kompetensi jurnalistik, serta menghindari penyalahgunaan profesi dengan mengedepankan kode etik jurnalistik dalam menjalankan profesinya.

Menurutnya, disrupsi digital berdampak pada model bisnis, proses produksi berita dan distribusi konten dalam industri media, sehingga jurnalisme saat ini dituntut untuk semakin adaptif, inovatif, menggali hal-hal yang unik dan eksklusif, dan menyesuaikan dengan gaya masyarakat mengkonsumsi berita dengan kemudahan yang ditawarkan media multiplatform. Beragam tantangan untuk menghadirkan jurnalisme yang berkualitas, antara lain ekonomi politik, clickbait, hoax, traffic seeker, manipulasi opini publik di medsos dan masih rendahnya kesadaran publik tentang jurnalisme berkualitas sebagai tanggung jawab bersama.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 4 Mei 2024

“Untuk itu, setiap wartawan semestinya memiliki kompetensi jurnalistik, menguasai teknologi multimedia, dan mampu menyikapi secara bijak kebebasan pers serta menghindari penyalahgunaan profesi bagi kepentingan yang bertentangan dengan kode etik wartawan,” ungkap Iwan.

Iwan berujar, atas terpilihnya Subagiyo sebagai Ketua PWI Kabupaten Bogor dua periode itu merupakan aklamasi yang luar biasa sesuai dengan taglinenya kompak, hal itu dibuktikan dengan suksesi kepengurusan PWI Kabupaten Bogor.

“Saya lihat struktur organisasi PWI Kabupaten Bogor mulai dari ketua, wakil ketua, ketua bidang hingga sekretarisnya tidak berubah ini berarti konstruksi yang dibangun sangat bagus. Atas nama Pemkab Bogor kami ucapkan selamat dan semoga PWI bisa mengedepankan kode etik jurnalistik dalam menjalankan profesinya,” bebernya.

Politisi gerinda itu menambahkan bahwa, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Bogor perlu ditingkatkan. Sebab saat ini ia melihat masih banyak insan pers yang belum melakukan UKW.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

“Uji kompetensi ini bukan hanya untuk pribadi dan organisasi tetapi penting juga untuk Pemkab Bogor. Insyaallah Diskominfo senantiasa bermitra dengan pengurus PWI bisa mendukung program UKW, kami siap dukung anggarannya tanpa mengurangi independesi hasil uji kompetensi tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang selalu bermitra dengan PWI Kabupaten Bogor.

Sebagai informasi, 30 persen atau 29 anggota PWI sudah lulus UKW. Dirinya juga selalu melakukan seleksi dan evaluasi terhadap para anggotanya, dari 115 hanya 82 anggota yang dinyatakan aktif, disiplin menulis dan lainnya.

“PWI komitmen harus berkompeten dalam menjalankan profesi, untuk mengoptimalkan peran PWI Kabupaten Bogor. Kami minta kepada Pemkab Bogor untuk mendorong dan memfasilitasi UKW untuk memfasilitasi teman-teman yang belum UKW,” kata Subagyo.

Tak hanya itu, Subagyo juga meminta terhadap teman-teman khususnya di media online untuk hati-hati dan teliti saat menyebar berita, untuk menghindari terjadinya berita menyimpang.

Untuk diketahui, dalam kegiatan pelantikan tersebut turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Perwakilan Korem, Kapolsek Sukaraja, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Ketua IWAPI. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================