Ayam serama
Mengenal Ayam Serama, Ayam Hias Asal Negeri Upin Ipin.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Beternak ayam serama gampang-gampang susah. Kesulitan terbesarnya adalah dalam proses penetasan telur.

Ya, ayam serama merupakan ayam hias asal Malaysia dengan postur tubuh mungil. Sekalipun berukuran kecil, pamor ayam serama tidak kalah dengan unggas jenis lain.

Jenis ayam ini memiliki warna bulu begitu indah dan gaya yang menunjukkan kegagahan dengan membusungkan dada. Tak heran, ayam serama banyak dipelihara untuk keperluan hobi dan kontes di kalangan penggemarnya.

Baca Juga :  4 Orang Wisatawan Pandeglang Terseret Ombak

Seperti halnya, Imam Thamami, pemilik Thama Serama Betta di Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Ia sudah terpikat hingga terjun menekuni usaha beternak ayam serama sejak 2015.

Menurutnya, ayam serama dapat dikembangbiakan secara alami di kandang atau kawin normal. Namun ada metode perkawinan secara alami lain atau yang disebut kawin dodokan.

Kawin dodokan untuk membantu mengawinkan serama jantan dengan cara memegangi betina. Imam menilai metode tersebut lebih baik untuk menghasilkan telur fertil dibandingkan dengan kawin normal.

Baca Juga :  Sopir Diduga Mengantuk, Truk di Bogor Terjun ke Parit 

“Kawin dodokan juga lebih terawat, ayam jantan tidak usah mengejar-ngejar betina. Terkadang ada betina tidak mau dikawin, dikejar-kejar akhirnya jantan cape ataupun tidak terkontrol kawinnya sehingga performa ayam turun. Kelamaan ayam bisa jadi sakit,” ujarnya kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua