keracunan
Keracunan Makanan, Puluhan Warga Lebak Banten dan Tasikmalaya Dilarikan ke Rumah Sakit. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM, LEBAK – 74 warga Cijaku Kabupaten Lebak, Banten divekuasi ke puskesmas terdekat usai menyantap hidangan selamatan syukuran toko material bangunan yang baru diresmikan pada Jumat (20/1/2022) kemarin. Mereka diduga keracunan.

Dari 74 warga yang menjalani rawat inap, di antaranya sampai pukul 11.30 WIB sebanyak 27 pasien sudah kembali ke rumah. sedangkan 47 pasien masih dalam perawatan dan observasi.

“Saat ini, petugas medis puskesmas setempat bekerja keras untuk menangani pasien keracunan makanan itu,” kata Kepala Puskesmas Cijaku Kabupaten Lebak Sulistiyo, seperti mengutip cnnindonesia.com, Sabtu (22/1/2022)

Baca Juga :  36 Orang Terpaksa Kehilangan Rumah Akibat Kebakaran di Jalan Senyiur Samarinda

Beruntung, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa akibat keracunan tersebut. Namun, kebanyakan mereka hanya mengalami gejala pusing, mual, muntah dan buang air besar.

Atas kejadian itu, pihak Puskesmas telah mengambil sampel makanan yang diduga menimbulkan keracunan dan dikirim ke laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) untuk mengetahui penyebabnya.

Baca Juga :  Dua Desa di Kecamatan Sukajaya Diterjang Longsor, Satu Rumah Tertimbun

“Kami belum menerima hasil dari laboratorium itu, sehingga tidak bisa menyimpulkan penyebab keracunan itu,” jelasnya.

Peristiwa serupa juga terjadi di Desa Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya. Puluhan warga diduga keracunan usai mengkonsumsi makanan dari hajatan warga setempat. Mereka pun langsung dilarikan ke Puskesmas Sodonghilir.