Trauma Pasca Bencana
Wajib Tahu, Berikut 6 Cara Mengatasi Trauma Pasca Bencana. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Gempa Banten hingga meluluhlantakan ratusan rumah di kawasan Pandeglang yang terjadi pada Jumat (14/1/2022) tentunya akan meninggalkan rasa trauma. Tak hanya gempa, kejadian bencana alam seperti tsunami, gunung meletus dan lain sebagainya memang wajar jika meninggalkan bekas cukup dalam pada pikiran mereka yang mengalaminya secara langsung.

Kondisi tersebut akan menimbulkan ketakutan, kecemasan dan kepanikan yang terjadi pada saat itu. Sehingga menjadi faktor stress mental yang cukup kuat untuk membuat orang tersebut terngiang, bahkan bertahun-tahun setelah kejadiannya berlalu.

Baca Juga :  11 Brand Binaan Dekranasda Kota Bogor Menampilkan Busana Dalam Fashion Show

Melansir klikdokter.com, Sabtu (15/1/2022) dr. Amadeo Drian Basfiansa mengungkapkan kondisi itu disebut dengan post traumatic stress disorder (PTSD) atau gangguan stress trauma pasca bencana.

Menurut Amadeo, terdapat berbagai kriteria yang harus dipenuhi sebelum menggolongkan seseorang memiliki penyakit iti. Diantaranya adalah ingatan yang mengganggu, perubahan emosi dan kecenderungan untuk menghindari bahasan tentang objek gangguan stress pasca trauma. Selain itu, kemungkinan lain yang juga mirip bisa berupa gangguan kecemasan atau gangguan anxietas, depresi, dan gangguan panik. Yang bisa membedakan kondisi ini hanyalah psikiater.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua