17 Hunian Tetap
Bupati Bogor, Ade Yasin meresmikan 17 hunian tetap bagi korban longsor di Desa Wangunjaya, Keacamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Kamis (3/2/2022).

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR17 hunian tetap (Huntap) yang diperuntukan bagi korban bencana tanah longsor di Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor diresmikan Bupati Bogor, Ade Yasin, Kamis (3/2/2022).

Dirinya menyatakan bahwa huntap itu merupakan perumahan percontohan tahan gempa yang sistem bangunannya menggunakan sistem Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dengan teknologi konstruksi knock down.

“Sistem ini Insyaallah tahan gempa, jadi kalau gempa mungkin ini lebih kuat, karena teknologinya sudah diuji, sebab RISHA ini selain sistem knock down juga penggabungan panel-panel beton dengan baut,” ungkap Ade.

BACA JUGA :  5 Manfaat Kubis Merah untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Selain itu, ia juga menyatakan, bahwa huntap ini sangat layak ditempati baik dari segi struktur tanah maupun bangunannya. Fasilitasnya juga sudah lengkap tersedia seperti listrik 900 watt dan air.

“Pembangunan huntap ini tidak hanya di Desa Wangunjaya, juga dibangun di Sukajaya, Cigudeg dan beberapa daerah yang rawan bencana, namun jumlahnya sangat besar karena terdapat ribuan yang harus dibangun, sehingga untuk meresmikannya harus menunggu kesiapan Presiden Joko Widodo,” terangnya.

BACA JUGA :  Ibu Menyusui Harus Tahu! Ini Dia Efek Samping Jika Bayi Kurang ASI

Dengan demikian, ia mengaku apresiasi dan berterimakasih kepada Kades Desa Wangunjaya yang telah menghibahkan tanah seluas 2.350 meter secara cuma-cuma untuk warganya. Artinya Kades Wangunjaya yang memberikan tanahnya lalu Pemkab Bogor yang membangunnya.

“Ada kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa, agar masyarakat yang tidak punya rumah akibat bencana banjir atau longsor mendapat kepastian, dan akhirnya tinggal di rumahnya,” imbuhnya.

============================================================
============================================================
============================================================