Fenomena Hujan Es dan Angin Kencang Merusak Rumah Warga di Banyuwangi

BOGOR-TODAY.COM, JATIM – Angin kencang dan fenomena hujan es yang merusak rumah-rumah di Desa Tulungrejo dan Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur pada Rabu (2/2/2022).

Diinformasikan Berdasarkan data sementara dari Tim Reaksi Cepat BPBD Banyuwangi, bahwa ada empat bangunan rumah dan satu tempat ibadah rusak ringan.

“Selain angin ada hujan es juga, sekitar pukul 15.00 WIB, Selasa 1 Februari 2022. Hujan lebat juga membuat banjir masuk ke rumah-rumah warga. Kami tadi panik karena anginnya kencang, ada es-nya juga,” kata Latifah, warga setempat, Rabu (2/2/2022).

BACA JUGA :  Resep Ikan Kembung Kukus, Menu Lezat Simple Untuk Diet

Satu rumah diantaranya yang mengalami kerusakan cukup parah menimpa rumah Sutinah, seorang ibu rumah tangga warga RT-05, Dusun Wadung Pal, Desa Tulungrejo.

Tim Reaksi Cepat BPBD Banyuwangi, Ade Setiawan mengatakan puluhan pohon tumbang yang mengakibatkan bangunan menjadi rusak hingga roboh.

“Iya benar di wilayah Desa Tulungrejo ini ada angin puting beliung. Puluhan pohon tumbang, beberapa bangunan juga rusak hingga roboh akibat diterjang angin. Untuk kerugian masih kami hitung dan kami masih berkonsentrasi membantu mengevakuasi puing-puing,” katanya.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor dan Pemprov Jabar Sinergi Percepat Tangani Rumah Warga Terdampak Ledakan Gudang Amunisi 

Beruntung, dalam peristiwa bencana alam tersebut tidak ada korban jiwa. “Alhamdulillah tidak ada korban luka maupun korban jiwa. Hanya kerusakan saja material,” tambah Ade.

Angin kencang dan derasnya hujan yang mengguyur juga membuat beberapa anak sungai di kawasan perkebunan meluap hingga ke jalan raya jalur nasional Banyuwangi Jember. Imbasnya kendaraan harus melaju secara perlahan. Luberan air banjir juga masuk ke rumah-rumah warga dan menggenangi satu gedung sekolah TK di kawasan ini. (net)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================