BOGOR-TODAY.COM – Sejak pandemi Covid-19 terjadi, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home alias kerja dari rumah. Meskipun saat ini sejumlah perusahaan sudah kembali bekerja di kantor, tetapi masih banyak juga yang masih menerapkan kebijakan WFH.

Bekerja di rumah memang memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah fleksibilitas waktu dan tempat. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, bekerja dari rumah pun jauh lebih aman dibanding di kantor.

Namun, konsep ini juga memiliki kelemahan. Bekerja sendirian di rumah seringkali menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Pasalnya, ketika bekerja di rumah, Anda akan menghadapi lingkungan yang itu-itu saja.

Ditambah lagi, Anda pun tidak bisa berkomunikasi langsung dengan orang lain, layaknya di kantor. Padahal, mengobrol atau bercanda sesekali dengan rekan kerja juga bisa membantu mengurangi stres karena pekerjaan.

Cara mengatasi bosan kerja dari rumah

Ada sejumlah cara seru dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa jenuh. Berikut adalah cara menghilangkan bosan kerja dari rumah yang bisa dilakukan oleh pekerja kantoran dan pekerja lepas:

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Okra untuk Diet Turunkan BB

Atur ulang suasana ruang atau meja kerja

Jika merasa bosan saat work from home, Anda bisa mencoba mendekorasi ulang ruang kerja. Saat menata ulang ruang kerja, ingatlah bahwa warna memainkan peranan penting.

Setiap warna dapat memberikan kesan masing-masing. Jika Anda ingin lebih produktif, Anda bisa memilih warna biru. Warna ini juga akan membantu Anda lebih fokus dan tenang.

Sebaliknya, jika Anda ingin lebih bersemangat dan aktif, pilihlah warna merah. Produktivitas Anda juga bisa dipancing dengan warna kuning. Ditambah lagi, warna kuning dapat membantu Anda agar lebih optimis.

Anda juga memilih warna hijau untuk memberikan efek menenangkan. Jika ingin memancing kreativitas dan imajinasi, pilihlah warna ungu. Jadi, pilihlah warna sesuai mood yang ingin Anda ciptakan.

Buatlah jadwal sesuai ritme sirkadian

Setiap orang memiliki ritme sirkadian atau jam biologis. Jam alami ini merupakan sistem internal yang akan mengatur banyak hal di dalam tubuh. Mulai dari siklus tidur, kebiasaan makan, pelepasan hormon, hingga pencernaan.

BACA JUGA :  Warga Mengwi Digegerkan dengan Pria Misterius Penuh Luka Bagian Wajah Tergeletak di Jalanan

Ritme sirkadian ini jugalah yang memengaruhi naik turunnya motivasi seseorang dalam satu hari. Jika Anda merasa lelah atau tidak bersemangat di jam tertentu, bisa jadi waktu tersebut adalah downtime dari siklus harian Anda

Untungnya, bekerja di rumah seringkali membuat Anda lebih fleksibel dalam urusan waktu. Jadi, cobalah amati di jam berapa biasanya Anda merasa bersemangat dan sebaliknya.

Setelahnya, sesuaikanlah jam kerja Anda dengan waktu tersebut. Misalnya, Anda lebih bersemangat bekerja di siang hari. Cobalah kerjakan hal-hal kecil di pagi hari. Lalu, kerjakan hal yang lebih berat di siang hari.

Ubah hari kerja Anda

Rutinitas bekerja dari hari Senin hingga Jumat ada kalanya membuat jenuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti hari kerja Anda.

============================================================
============================================================
============================================================