7 Etika Penting Jika Ingin Memberikan Oleh-Oleh untuk Klien Bisnis  

Tentu saja boleh. Anda tak akan menampilkan kesan menyogok bila memberikannya dengan cara yang tepat. Jika ingin memberikan oleh-oleh untuk klien bisnis, jangan lupa memahami beberapa etika penting ini terlebih dahulu:

  1. Cari Tahu Kesukaan Klien Bisnis Terlebih Dahulu
    Sebelum memilih oleh-oleh, alangkah lebih baik bila Anda mencari tahu kesukaan klien bisnis terlebih dahulu. Sehingga nantinya Anda bisa membelikan oleh-oleh yang pas sesuai kegemarannya.

Memberikan oleh-oleh sesuai kegemaran akan membuat klien bisnis Anda jadi senang. Misalnya, memberikan buku-buku best seller untuk klien yang suka membaca atau bibit tanaman menarik untuk klien yang gemar berkebun. Pemberian sesuai kesukaan si klien tentu akan terasa sangat berkesan dan bermanfaat.

  1. Oleh-Oleh Makanan Bisa Jadi Pilihan Menarik
    Oleh-oleh berupa makanan khas dapat menjadi pilihan menarik untuk klien yang ada di luar kota atau luar negeri. Anda bisa memberikan oleh-oleh khas daerah Anda yang sudah dikemas secara modern dan menarik.

Pasti klien bisnis Anda merasa terpukau dengan oleh-oleh makanan berkualitas dengan kemasan modern. Jika memungkinkan, pilihkan makanan yang awet sehingga bisa bertahan hingga beberapa hari. Sehingga makanan tersebut tak mudah rusak meski tidak langsung dinikmati.

  1. Siapkan Oleh-Oleh Khas dari Tempat Asal Anda
    Tips lainnya yang penting disimak jika ingin memberikan oleh-oleh untuk klien bisnis adalah menyiapkan oleh-oleh khas dari tempat asal Anda. Misalnya, Anda menyiapkan kain batik jika Anda berasal dari kota yang terkenal dengan produk batik.
BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling

Pemberian jenis oleh-oleh yang tepat bisa menjadi salah satu ciri khas yang menarik sekaligus upaya menunjukkan iktikad baik kepada klien bisnis. Bukan mustahil bila nantinya si klien bisnis sangat terkesan dan berniat membina hubungan yang semakin baik dengan Anda.

  1. Minta Bantuan Orang-Orang Terdekat saat Memilih Oleh-Oleh
    Kalau Anda tergolong orang yang tidak terlalu mahir memilih oleh-oleh, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri melakukannya sendirian. Jangan ragu minta bantuan dari rekan-rekan kerja atau anggota keluarga untuk memilih jenis oleh-oleh yang tepat.

Ingatlah bahwa oleh-oleh tersebut harus menarik dan memberikan kesan istimewa bagi klien bisnis. Siapkan jeda waktu minimal satu minggu supaya proses pencarian oleh-oleh tidak terlalu terburu-buru.

  1. Jangan Sembarangan Mengemas Oleh-Oleh
    Anda wajib memperhatikan pengemasan oleh-oleh sebelum diberikan kepada klien bisnis. Oleh-oleh tersebut harus dikemas rapi, mudah dibawa, menarik, dan tak gampang tercecer.

Sebaiknya Anda tak langsung memberikan oleh-oleh yang baru Anda pesan, kecuali jika oleh-oleh tersebut benar-benar sudah dikemas rapi. Pengemasan oleh-oleh yang tepat akan menunjukkan keseriusan Anda dalam menjalin relasi profesional dengan klien bisnis.

  1. Ada Harga, Pasti Ada Kualitas
    Jangan menyiapkan oleh-oleh yang terlalu murah karena klien bisnis Anda pasti bisa menilai harga dan kualitas oleh-oleh tersebut. Anda pasti tak ingin merasa malu karena oleh-oleh murahan, kan?
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Jadi, jangan pelit menyiapkan bujet oleh-oleh, terutama bila bujet tersebut bisa digolongkan dalam reimbursement kantor. Setidaknya Anda patut menyiapkan bujet beberapa ratus ribu rupiah untuk oleh-oleh. Biasanya semakin baik atau penting hubungan profesional Anda dengan klien bisnis, maka semakin istimewa pula oleh-oleh yang mesti Anda berikan.

  1. Memberikan Oleh-Oleh Setelah Urusan Bisnis Selesai
    Supaya tak terkesan menyogok, Anda patut memberi oleh-oleh saat semua urusan bisnis sudah selesai. Usahakan untuk menyodorkan oleh-oleh dengan kedua tangan supaya terkesan sopan.

Hal ini akan menunjukkan niat mulia Anda untuk menjaga hubungan dengan klien bisnis. Menutup perjumpaan dengan memberikan oleh-oleh adalah suatu hal yang positif dan menyenangkan. Bahkan, klien bisnis Anda pasti mengingat hal menyenangkan tersebut.

Punya pengalaman menarik seputar oleh-oleh untuk klien bisnis?

Jika belum pernah memberikan oleh-oleh untuk klien bisnis, ini saat yang tepat untuk memulainya. Buatlah klien bisnis Anda kagum dengan keramahan dan iktikad baik yang Anda tunjukkan.

Urusan perjalanan bisnis tak akan merepotkan lagi karena ada Traveloka yang siap menyediakan akomodasi terbaik bagi Anda. Jika rencana perjalanan bisnis sudah tersusun rapi, Anda pun bisa fokus mencari oleh-oleh terbaik untuk klien bisnis. (*)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================