Ade Yasin Minta Camat dan Kades Optimalkan Program Samisade, Tingkatkan RLS dan Pulihkan Ekonomi Melalui Festival Wisata Desa

Festival Wisata Desa

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Bupati Bogor Ade Yasin lakukan Rapat Koordinasi Evaluasi Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Tahun 2021 dan Pembinaan Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Tahun 2022 dengan seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor secara luring di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Selasa (22/3/22).

Hasil Rakor Evaluasi Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Tahun 2021 dan Pembinaan Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Tahun 2022. Bupati Bogor minta kepada para camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor untuk fokus terhadap tiga program yang ingin dicapai di tahun 2022 yakni, optimalisasi penyelenggaraan program Samisade, peningkatan perekonomian desa melalui Festival Wisata Desa dan Bumdes serta peningkatan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) melalui 9 strategi di Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan, sebagai implementasi dari Pancakarsa, Pemerintah Daerah memfokuskan pembangunanya di level desa dengan empat strategi yaitu, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintahan Desa melalui Sekolah Pemerintahan Desa, peningkatan perekonomian desa melalui penguatan Bumdes dan festival wisata desa, digitalisasi desa melalui program desa presisi, serta peningkatan infrastruktur desa melalui program bedah kampung, penuntasan jembatan rawayan dan program Samisade.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Spageti Udang yang Praktis dan Mengenyangkan

“Selain pemenuhan infrastruktur desa, program Samisade juga dilaksanakan untuk pemulihan ekonomi dengan pola padat karya. Kita pertegas kalau Samisade lebih baik dikerjakan secara padat karya walaupun nanti ada tim dari luar, itu mungkin hanya satu dua orang saja tapi yang kerjanya itu harus masyarakat desa tersebut,” tegas Ade Yasin.

BACA JUGA :  Hari Kesiapsiagaan Bencana Momentum Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Agar Siaga

Bupati Bogor juga menyampaikan, untuk anggaran tahun 2022, tidak akan menurunkan anggaran Samisade bagi desa yang belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban karena pelaksanaan ini bukan hanya meningkatkan ekonomi desa tetapi juga untuk mengurangi pengangguran.

“Saat ini baru 39 desa dari 13 Kecamatan yang sudah menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), sisanya masih proses masuk ke Inspektorat, target kami semua bisa segera selesai karena untuk menerima bantuan Samisade tahun ini syaratnya harus selesai dulu pelaporannya dengan baik,” jelas Bupati Bogor.

Ia mengaku akan memberikan reward bagi desa yang cepat dalam memberikan LPJ hasil pelaksaanaan program Samisade, salah satunya dengan langsung memberikan pencairan dana Samisade tahap satu.

============================================================
============================================================
============================================================