Memilih menu buka puasa
Memilih Menu Buka Puasa untuk Diet. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COMMemilih menu buka puasa untuk Diet, Seberapa Penting?. Saat berpuasa, kita diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga dari mulai terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Dampaknya, tubuh mungkin akan merasa sedikit lemas dan disertai pusing kepala. Hal ini lantas membuat tubuh memerlukan banyak asupan makanan dan minuman ketika berbuka puasa, dengan tujuan untuk mengembalikan energi yang hilang tersebut.

Namun, bukan berarti Anda bisa makan dan minum sesukanya saat buka puasa. Terutama bagi Anda yang sedang diet saat puasa, porsi dan pilihan makanan tetap harus dijaga agar jangan sampai membuat tubuh malah makin gemuk alih-alih langsing sebagaimana yang diinginkan. Oleh sebab itu, penting untuk memilah menu buka puasa untuk diet yang benar.

Pilihan Menu Buka Puasa untuk Diet

Nah, apa saja sih jenis makanan yang baiknya dikonsumsi untuk Anda para pelaku diet saat puasa? Berikut ini rekomendasi menu buka puasa untuk diet yang bisa Anda makan saat berbuka puasa nanti.

  1. Nasi Merah
Memilih menu buka puasa
Memilih Menu Buka Puasa untuk Diet.

Mengkonsumsi nasi yang notabene mengandung banyak karbohidrat memang tidak disarankan untuk Anda sedang berdiet. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada alternatif lain yang bisa Anda konsumsi sebagai pengganti nasi putih. Biar bagaimanapun, nasi adalah sumber energi sehingga perannya cukup vital guna mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut, Pelajar SMA di Brebes Tewas usai Terlindas Dump Truk

Adalah nasi merah, yang mana nasi jenis ini diklaim lebih menyehatkan ketimbang nasi putih. Pasalnya, nasi merah mengandung banyak serat di dalamnya, pun rendah kalori. Mengkonsumsi nasi merah akan membantu Anda cepat kenyang dan tidak cepat lapar setelahnya. Ini tentunya sangat baik karena artinya Anda terhindar dari yang namanya makan secara berlebihan.

  1. Sup Ayam

Memilih menu buka puasa

Menu diet saat puasa selanjutnya yang wajib ada di atas meja makan adalah sup ayam. Jika Anda menganggap ayam tidak tepat untuk dikonsumsi saat diet karena memiliki kandungan lemak tinggi, maka hal tersebut keliru adanya.

Ayam memang mengandung lemak, namun kadarnya masih kalah dengan kadar protein yang dikandungnya. Protein adalah zat yang diklaim efektif membakar kalori. Bahkan, kandungan kalori yang tinggi seperti pada ayam bisa membakar sekitar 80-100 kalori per hari.

Sementara itu, menyajikan ayam dalam bentuk sup dimaksudkan agar sekaligus mengganti cairan tubuh yang hilang selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Paduan ayam dan kuah sup adalah menu diet buka puasa ideal untuk melancarkan program diet saat puasa yang sedang Anda jalani.

  1. Telur

Memilih menu buka puasa

Sumber protein lainnya yang juga tak boleh dilewatkan sebagai menu buka puasa untuk diet adalah telur ayam. Mengkonsumsi telur saat buka puasa akan membuat tubuh dapat mengontrol hormon pemicu rasa lapar, sehingga menghindari Anda dari aktivitas makan secara berlebihan, yang mana hal tersebut sama saja menggagalkan program diet saat puasa yang dijalani.

BACA JUGA :  Ibu Menyusui Harus Tahu! Ini Dia Efek Samping Jika Bayi Kurang ASI

Sajikan telur sebagai salah satu menu diet saat puasa. Anda dapat mengolah telur dengan cara digoreng (sebaiknya menggunakan minyak zaitun), direbus, atau ditumis bersama dengan sayur-sayuran seperti wortel dan sawi putih.

  1. Ikan Tuna

Memilih menu buka puasa

Sama seperti nasi merah, ikan tuna adalah jenis makanan yang tergolong rendah kalori. Dan sama seperti ayam, ikan tuna kaya akan kandungan protein sehingga cocok dijadikan menu buka puasa untuk diet.

Perlu diperhatikan, baiknya ikan tuna diolah dengan cara dipanggang alih-alih digoreng. Ini agar meminimalisir penggunaan minyak secara berlebihan. Minyaknya pun sebaiknya menggunakan minyak zaitun yang terbukti lebih sehat ketimbang minyak sawit.

  1. Daging

Memilih menu buka puasa

Siapa bilang Anda yang sedang diet saat puasa tidak boleh mengkonsumsi daging ketika berbuka puasa? Sah-sah saja kok kalau ingin tetap menjadikan daging sebagai menu buka puasa untuk diet, selama porsinya dijaga agar tidak berlebihan.

============================================================
============================================================
============================================================