Lombok

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Mataram atau juga dikenal dengan nama Islamic Center Mataram berada di pusat Kota Mataram dan merupakan masjid daerah NTB. Berbeda dari dua masjid tua sebelumnya, bangunan rumah ibadah ini baru dibangun tahun 2010 dan diresmikan tiga tahun setelahnya.

Masjid ini terbilang besar dan berdiridi atas lahan seluas 74,749 meter persegi dan memiliki empat lantai, lima kubah, serta lima menara di sekitarnya. Sejak pertama kali diresmikan tahun 2013, masjid ini kemudian menjadi pusat kebudayaan Islam, tujuan wisata religi, aktivitas keagamaan, jadi lokasi pasar seni, dan sebagai pusat pendidikan peradaban Islam di NTB.

Keindahan arsitektur dari masjid ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Pada bagian kubah, kita bisa melihat desain motif batik sasombo yang berwarna cerah dan menyala ketika malam. Batik sasombo sendiri merupakan perpaduan warna corak batik dari Suku Sasak, Samawa, dan Mbojo.

BACA JUGA :  Pemuda di Bogor Nekat Lawan 3 Perampok Usai Mobilnya Dicuri

Masjid ini juga punya sebuah menara setinggi 99 meter sebagai lambang dari 99 Asma’ul Husna. Di sekitar menara tersebut, masih ada empat menara lain dengan ketinggian 66 meter. Pengunjung diperbolehkan naik ke atas menara dengan menggunakan lift untuk melihat pemandangan di sekitarnya.

Masjid Nurul Bilad Mandalika

Lombok

Di KEK Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, kita tak hanya akan menemukan berbagai objek wisata alam dengan pemandangan menawan. Di sana juga ada sebuah masjid yang dibangun di atas lahan seluas 8 hektare yaitu Masjid Nurul Bilad.

Secara arsitektur, masjid ini terinspirasi dari bangunan Masjid Kuno Bayan dengan bangunan persegi dan atapnya berbentuk limas. Bangunan masjid terdiri dari dua lantai dan plaza yang bisa menampung lebih dari 4 ribu orang.

Nama Nurul Bilad sendiri berarti Cahaya Bangsa-Bangsa yang menggambarkan lokasinya di daerah pariwisata dan bisa dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Sebagai salah satu tujuan wisata religi, masjid ini juga memiliki pemandangan indah karena jaraknya hanya 400 meter dari pantai Kuta.

BACA JUGA :  Nakes RSUD Leuwiliang Dibekali Hukum Kesehatan

Masjid Agung Praya

Lombok

Masjid Agung Praya di Kota Praya, Lombok Tengah, merupakan masjid dengan arsitektur modern dengan kombinasi warna putih-biru. Masjid yang diperkirakan telah dibangun tahun 1979 ini awalnya menempati lahan pemerintah bekas perkebunan tebu dan masih berupa musala kecil. Kini, bangunan rumah ibadah tersebut menjadi salah satu masjid terbesar di Lombok dengan kapasitas sampai 10 ribu jemaah bisa beribadah di sana.

Bangunan masjid agung ini memiliki luas 1.000 meter persegi dengan luas tanah keseluruhan mencapai 10 ribu meter persegi. Bila dilihat dari luar, masjid ini tampak begitu megah dengan hamparan rumput luas di halamannya. Selain itu, di beberapa area terdapat deretan pepohonan dan kolam yang membuat suasananya begitu asri dan sejuk. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================