Pemukiman Warga Lahat Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Deras Selama Hampir 3 Jam

BOGOR-TODAY.COM, SUMSEL – Kabupaten Lahat Sumatera Selatan diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 16.00 hingga 18.00 WIB, Senin (18/4/2022).

Akibat Hujan deras, beberapa kawasan di Kota Lahat mengalami banjir hingga meredam pemukiman warga.

Godek, Salah satu warga Sekip Sidomulyo yang terdampak banjir mengatakan satu jam hujan mengguyur, air mulai masuk ke dalam kawasan tempat tinggalnya.

“Jam 5an la masuk ke rumah, air yang masuk sampai sebetis orang dewasa,” ujarnya, Senin (18/4/2022).

Kondisi banjir seperti hari ini, kata Godek, sering terjadi ketika hujan deras. Menurutnya, selokan ayek apul atau air apul yang berada di belakang rumahnya tidak mampu menampung air hujan.

“Kalau ayek apulnya meluap, mulai banjir. Siring (selokan) yang kecil ini jugo dak menampung lagi karena alirannya menuju ke ayek apul tadi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Edgar Rangga Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Fingerboard 2024

Aliran ayek apul tersebut, Godek mengatakan akan mengalir ke arah Blok C, City Mall, dan Perumnas Sage.

“Belum ada solusinya dari tahun ke tahun. Kondisi air saat ini mulai surut,” lanjutnya.

Hal yang sama juga dirasakan warga Ulak Lebar, Rico. Dirinya juga mengatakan banjir kerap kali terjadi saat hujan deras. Air yang masuk ke dalam rumahnya melebihi lutut orang dewasa.

“Hujan deras berenti jam 6, kalau hujan deras beberapa kali banjir. Jam 19.30 WIB tadi baru mulai surut, Selutut lebih,” ucapnya.

Lokasi tempat tinggal Rico memang berada di daerah rendah dan menjadi langganan banjir saat hujan deras. Dirinya pun menyebutkan kondisi selokan ayek apul yang tidak bisa menampung air hujan menjadi penyebab terjadinya banjir.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Tak hanya di Sekip Sidomulyo dan Ulak Lebar, titik banjir juga terjadi di kawasan Talang Jawo, Simpang Bakso Frengki atau PJKA, Pasar Bawah dan Talang Banten.

Kondisi hujan yang terjadi hingga malam hari ini sudah mulai gerimis, dan banjir yang terjadi pun mulai surut. Masyarakat yang terdampak juga tengah melakukan pembersihan rumah.

Suara.com masih berupaya menghubungi BPBD Kabupaten Lahat dan instansi lainnya atas bencana banjir yang melanda pemukiman warga ini. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================