tidur di dalam mobil
Waspada, Ini Bahaya Tidur di Dalam Mobil Saat Mudik. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Melakukan perjalanan mudik ke luar kota menggunakan mobil bersama keluarga memang seru. Namun, jarak tempuh untuk sampai ke tempat tujuan akan semakin lama dibanding menggunakan pesawat atau kereta.

Tentunya, pengemudi akan membutuhkan waktu untuk istirahat malam. Alhasil tidur di dalam mobil menjadi salah satu pilihan. Melansir klikdokter.com, Kamis (5/4/2022) dr. Muhammad Isman S menyebutkan tindakan tidur dalam mobil itu sangat berisiko bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah :

Risiko Keracunan Karbon Monoksida (CO)

Bahaya tidur di mobil menimbulkan risiko keracunan gas karbon monoksida atau CO. Gas CO merupakan sisa pembakaran mobil yang biasa dibuang melalui knalpot atau bisa juga keluar dari AC jika sistem pembuangan AC bermasalah.

Keracunan CO dapat terjadi ketika tidur di dalam mobil, di mana kondisi mobil dan AC mobil masih menyala. Gejala awal keracunan gas CO sulit dideteksi, mengingat gas ini tidak berbau dan tidak kelihatan.

Risiko Terguncang

Tidur dengan kasur di dalam mobil akan terkesan sangat nyaman. Namun, sebenarnya mobil tidak dirancang untuk memiliki kasur di dalamnya.

Berbeda dengan kendaraan lain, mobil merupakan kendaraan yang sangat dinamis. Mobil bisa melakukan akselerasi, bermanuver ke kiri dan kanan, hingga deselerasi atau berhenti mendadak.

Hal itu akan membuat Anda rawan terguncang di atas kasur jika terjadi gerakan tiba-tiba dari mobil yang berisiko mencelakakan Anda.

Meningkatkan Risiko Penggumpalan Darah

Apakah tidur dalam posisi duduk berarti aman? Ternyata tidak! Tidur di dalam kendaraan dengan posisi duduk berisiko menyebabkan gumpalan darah.

BACA JUGA :  Dessert Puding Susu Aneka Buah yang Enak Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Sebab, Anda akan berada dalam kondisi duduk yang lama, sehingga darah di kaki cenderung statis. Hal inilah yang berisiko mengakibatkan penggumpalan darah.

Kondisi tersebut terungkap dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Canadian Journal of Cardiology. Sebanyak 42 dari 50 pasien penggumpalan darah memiliki riwayat tidur semalaman di dalam mobil dengan posisi duduk.

Risiko Tertabrak

Bukan hanya kurang baik bagi kesehatan, tidur di kendaraan juga memiliki risiko kecelakaan. Apalagi ketika Anda memarkir kendaraan tidak pada tempat dan posisi yang benar, kecelakaan mungkin bisa terjadi.

Tips Aman Tidur dan Menginap di Mobil Saat Mudik

Tidur dan menginap di dalam mobil saat mudik sebenarnya boleh saja, asalkan Anda berhenti di tempat yang aman. Selain itu, lakukan hal-hal di bawah ini agar tetap nyaman dan aman tidur di mobil:

Pilih Rest Area yang Dijaga Petugas Keamanan

Anda mesti mengenali beberapa lokasi rest area yang akan dilewati. Gunakan rest area untuk beristirahat. Anda juga bisa melakukan peregangan di sana atau berjalan-jalan sebelum tidur.

Jika sudah mengantuk, tidurlah di mobil yang sudah diparkir di rest area. Pastikan area yang Anda singgahi cukup ramai dan terjaga oleh petugas keamanan.

Bila perlu, parkir mobil tak jauh dari pos polisi atau masjid. Rumah ibadah seperti masjid biasanya akan selalu ramai menjelang Lebaran.

BACA JUGA :  Turunkan Berat Badan dengan Air Lemon, Ini Dia 3 Cara Membuatnya

Sandarkan Jok atau Gunakan Kasur Mobil Setelah Mobil Berhenti

Agar peredaran darah lancar dan badan tidak terlalu pegal, senderkan jok sebelum tidur.

Jika punya kasur mobil, pasanglah di bagian belakang mobil yang cukup luas dan hanya gunakan ketika mobil sudah berhenti.

Jangan Nyalakan AC, Buka Sedikit Kaca, dan Jangan Pasang Obat Nyamuk

Bahaya tidur di mobil dengan AC menyala bisa memicu kebocoran asap knalpot. Sementara, pasang obat nyamuk di dalam mobil bisa membuat Anda sesak napas.

Lebih baik oles losion antinyamuk. Lalu, gunakan kain untuk menutupi tubuh dari udara dingin dan gigitan nyamuk.

Pasang Alarm Mobil dan Simpan Barang Berharga

Sebaiknya jangan menginap di mobil yang tidak dipasang alarm. Sebab, ketika ada orang yang tiba-tiba membuka pintu atau memecahkan kaca, mobil tidak bisa menarik perhatian.

Selain itu, upayakan tidak memegang handphone saat tidur. Simpan dompet dan handphone di tempat tertutup, sehingga tidak menarik perhatian orang luar.

Keluar Sejenak

Untuk menghindari risiko penggumpalan darah karena terlalu lama duduk atau tidur di mobil, ada baiknya sesekali keluar mobil untuk meregangkan otot-otot. Hal ini penting untuk memastikan aliran darah di kaki tetap berjalan dan tidak statis.

Tetap utamakan keselamatan dan kesehatan Anda beserta keluarga dengan melakukan tips di atas. Jika keadaan tidak memungkinkan untuk menginap di dalam mobil, lebih baik cari penginapan yang aman. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================