kupat jembut
Mengenal Kupat Jembut, Tradisi Syawalan Unik Jawa Tengah. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, SEMARANG – Pasca melaksanakan perayaan Idul Fitri sejumlah daerah di Jawa Tengah memiliki tradisi unik yang digelar secara turun temurun. Biasanya masyarakat akan membagikan kupat atau ketupat yang berisi tauge, warga setempat menyebutnya dengan kupat jembut.

Tradisi tersebut kerap digelar tujuh hari atau satu pekan usai Hari Raya Idul Fitri. Tradisi pembagian kupat jembut di Kota Semarang digelar di beberapa tempat, salah satunya Kampung Jaten Cilik Pedurungan Tengah.

Melansir Wikipedia.org, Rabu (4/5/2022)  berdasarkan kisah orang tua dahulu, utamanya di desa Ketapang, Kendal, Kupat Jembut ini hanya dibuat pada saat Hari Raya Idul Fitri oleh keluarga yang sudah anaknya meninggal. Ada juga desa lainnya di Kendal yang mentradisikan Kupat Jembut ini karena terdapat salah satu keluarga yang sudah meninggal dunia, baik itu orang tua maupun anaknya.

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 21 April 2024

Sementara, mengutip buku Kuliner Semarangan dengan judul ‘Menikmati Rasa di Sepanjang Pesisir Utara Jawa, Mencecap Lezatnya Kekayaan Cita Rasanya’ dari Murdijati Gardjito, Murullia Nur Utami dan Chairunisa Chayatinufus,  dituliskan bahwa kupat jembut merupakan ketupat yang dimasak dengan aneka sayuran sehingga permukaannya tidak halus seperti ketupat pada umumnya.

Menurut Murdijati yang juga Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada dan pemerhati kuliner Indonesia menyebut kupat ini dibuat selama bulan puasa (Ramadan) dalam periode tertentu orang kehabisan barang untuk merayakan Lebaran, namun agar tidak kehilangan perayaan maka muncul ide untuk makan ketupat.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 22 April 2024

Dilhat dari bentuk fisiknya, kupat tersebut sama halnya kupat pada umumnya, yakni dibuat dari bungkus daun kelapa muda atau janur. Namun yang membedakannya,  Kupat Jembut ini akan dibelah secara vertikal tanpa putus.  Lalu di dalamnya disisipkan tauge dimasukkan ke dalamnya, sehingga tampilannya seperti organ kelamin perempuan.

Seiring perkembangan zaman, pada isian ketupat tak hanya berisikan tauge, namun ada tambahan sayur-sayuran seperti kubis dan sambal kelapa.

============================================================
============================================================
============================================================